Mohon tunggu...
Billy Steven Kaitjily
Billy Steven Kaitjily Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis dan Narablog

Senang traveling dan senang menulis topik seputar Sustainable Development Goals (SDGs).

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Naik Level dari "Debutan" Jadi "Junior": Pengalaman Menulis di Kompasiana Selama Sebulan

25 Oktober 2023   09:16 Diperbarui: 25 Oktober 2023   09:22 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Naik tingkat dari level "Debutan" menjadi "Junior." (sumber gambar: dok. bidik layar/Ani Mulyani)

Per 25 Oktober 2023, genap sebulan saya menulis di Kompasiana dan resmi naik level, dari "Debutan" ke "Junior." Naik level dari "Debutan" ke "Junior" ini seumpama saya naik tingkat dari level TK ke SD.

Kenaikan tingkat tersebut, tentunya berdasarkan pencapaian poin yang saya peroleh selama menulis. Jumlah poin ini dapat dilihat pada halaman profil Kompasianers atau penulis. Di halaman profil saya, menunjukkan level "Junior" dengan poin 507.

Meski sebagian orang (mungkin) menganggap pencapaian "Debutan" ke "Junior" bukan sesuatu yang luar biasa, melainkan biasa saja. Sehingga, tidak perlu diceritakan. Namun, bagi saya pencapaian ini tetap luar biasa untuk diceritakan.

Bagaimana tidak, selama 30 hari (satu bulan) saya berusaha menulis tiap hari di Kompasiana. Satu hari satu tulisan, kadang-kadang 2 tulisan. Sehingga, per hari ini, jumlah tulisan saya di Kompasiana adalah 36 tulisan, sudah termasuk tulisan ini.

Dan, karena pengetahuan dan pengalaman saya yang masih minim di Kompasiana, saya beberapa kali mendapat surat cinta dari admin Kompasiana. Maafkan saya ya, mimin. He-he.

Seperti yang sudah saya ceritakan dalam tulisan saya sebelumnya, salah satu hal yang membuat saya bahagia menulis di Kompasiana adalah ketika saya berhasil menayangkan tulisan, lalu mendapatkan poin.

Jumlah poin saya ini jelas berpengaruh pada pangkat (tingkatan) saya di Kompasiana. Kompasiana sendiri telah membagi tingkatan menjadi 7 tingkatan yang bisa kalian lihat pada halaman profil masing-masing.

Nah, mungkin yang menjadi pertanyaan para Kompasianers pemula seperti saya adalah bagaimana cara meningkatkan level atau tingkatan di Kompasiana?

Mengutip akun resmi Kompasiana, dijelaskan di situ bahwa caranya dengan mengumpulkan poin berdasarkan aktivitas kita di Kompasiana. Poin akan meningkat apabila kita melakukan aktivitas berikut ini:

  • Mendapatkan komentar: 1 poin
  • Mendapatkan nilai: 1 poin
  • Memposting tulisan: 5 poin
  • Mendapatkan verifikasi hijau: 50 poin
  • Mendapatkan verifikasi biru: 100 poin
  • Tulisan masuk kategori Pilihan: 5 poin
  • Tulisan masuk kategori Headline: 10 poin

Artikel lengkapnya bisa dibaca di sini: https://www.kompasiana.com/kompasiana/59e7138963eae722de0f2514/poin-dan-pangkat-untuk-anda-yang-aktif-menjelajahi-kompasiana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun