Mohon tunggu...
Bicky Subarkah
Bicky Subarkah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Analisis Data

13 Januari 2016   17:56 Diperbarui: 13 Januari 2016   19:23 4746
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tulisan ini berawal dari ketertarikan saya terhadap analisis data. Saya menyebutnya dengan demikian dan menjadikannya topik menarik yang saya angkat dalam tulisan ini. Hal itu mencakup pengertian, tugas, hingga manfaat dari analisis itu sendiri.

Analisis data dapat diartikan sebagai upaya mengolah data menjadi informasi, sehingga karakteristik atau sifat-sifat data tersebut dapat dengan mudah dipahami. Selain itu juga bermanfaat untuk mendapatkan solusi dari sebuah permasalahan. Permasalah tersebut berkaitan dengan kegiatan penelitian atau definisi lain dari analisis data. Kegiatan itu  dilakukan untuk mengubah data hasil penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa digunakan dalam pengambilan kesimpulan.

Seorang data analis melakukan tugas yang berhubungan dengan pengumpulan, pengorganisasian, dan menafsirkan informasi statistik. Sifat pekerjaannya berbeda-beda dari profesi ke profesi. Misalnya, seorang analis yang bekerja untuk sebuah perusahaan mobil akan mempunyai fokus yang berbeda dengan analis pada peerusahaan supermarket. Apa pun bidang bisnisnya, orang-orang dengan pekerjaan ini mencari cara untuk menempatkan nilai-nilai numerik untuk fungsi bisnis yang berbeda dan bertanggung jawab untuk menemukan efisiensi, masalah, dan kemungkinan untuk perbaikan.

  • Mengumpulkan informasi

Salah satu hal penting yang dilakukan oleh setiap analis data adalah mengumpulkan, menyortir, dan mempelajari seperangkat informasi yang berbeda-beda. Hal ini dapat terlihat sangat berbeda dalam situasi tertentu. Namun, biasanya selalu berkaitan dengan memasukkan beberapa nilai tetap ke beberapa proses atau fungsi. Hal itu dapat dinilai dan dibandingkan dari waktu ke waktu.

Sebuah perusahaan mungkin menginginkan seorang analis untuk mengumpulkan semua jumlah jam kerja karyawan tertentu bersama dengan margin keuntungan mingguan, harian, atau jam tertentu. Misalnya; bisnis tv kabel mungkin ingin melihat angka solid mengenai asal pelanggan, berapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk jasa yang telah disediakan, dan apakah transaksi seperti pengiriman gratis ada hubungannya dengan keuntungan secara keseluruhan.

Ada beberapa strategi berbeda yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data. Tetapi pada umumnya ada tiga golongan universal. Data harus diatur, dinormalisasi, dan dikalibrasi sedemikian rupa. Supaya dapat diambil di luar konteks, digunakan sendiri, atau dapat digabungkan dengan figur-figur lainnya dan masih dapat dipertahankan integritasnya.

  • Ekstrapolasi dan Interpretasi

Setelah informasinya dikumpulkan, seorang analis bertanggung jawab untuk memberikan dan menjelaskan kesimpulan. Di samping itu, seorang analis bertugas untuk mendidik eksekutif bisnis mengenai cara penggunaannya. Para profesional ini juga dapat dipanggil untuk membantu pemilik bisnis. Mereka membantu para pemimpin untuk memahami angka-angka dan pergerakannya dari tahun ke tahun. Karena pada hakikatnya, mereka memiliki keahlian memberikan nilai statistik dan menjelaskan artinya.

  • Proyeksi dan Tanggung Jawab Menjadi Penasehat

Di beberapa perusahaan, analis dibebankan untuk menasihati manajer dan pemimpin proyek mengenai cara mengubah atau memperbaiki titik data tertentu dari waktu ke waktu. Mereka biasanya adalah orang-orang dengan pengetahuan terbaik. Pengetahuan mereka mencakup terbentuknya angka-angka tertentu dan mereka juga mampu menjadi penasehat sebuah perusahaan untuk membuat perubahan. Misalnya sebuah kasus pada sebuah klinik kesehatan. mereka ingin menurunkan waktu tunggu pasien dan menemukan alasan utama terjadinya penundaan urutan di sana. Dengan demikian, mereka dapat meminta bantuan seorang analis. Contoh lainnya adalah sebuah perusahaan periklanan yang mencari umpan balik statistik pada kampanye sebelumnya guna menentukan cara untuk merancang dan merencanakan slogan masa depan.

  • Penelitian dan Menuliskan Tugas

Tanggung jawab sebagai penasihat berjalan seiring dengan menulis dan penelitian. Sebagian besar analis merasa nyaman untuk mempersiapkan ringkasan yang ditulis untuk menemani grafik dan diagram. Analis biasanya juga berkolaborasi dengan programmer database dan administrator untuk menuliskan rekomendasi modifikasi sistem atau instruksi dan materi pelatihan in-house.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun