Mohon tunggu...
bianca yuuka
bianca yuuka Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - certified lover girl :P

saya suka bermain dengan kucing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengapa Belajar Sejarah Penting di Bangku SMA: Membuka Pintu Keajaiban Masa Lalu

23 Maret 2024   21:50 Diperbarui: 23 Maret 2024   21:50 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejarah merupakan mata pelajaran yang sudah di tetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk dipelajari oleh semua murid sekolah yang menginjak tingkat SMA. Menurut Permendikbud No. 59 Tahun 2014, sejarah adalah ilmu tentang asal susul dan perkembangan masyarakat dan bangsa di masa lalu yang berkelanjutan dalam kehidupan masyarakat dan bangsa di masa kini dan massa yang akan datang.  Lalu juga dicantumkan bahwa pendidikan sejarah merupakan suatu proses internalisasi nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan kesejarahan dari serangkaian peristiwa mendukung terjadinya proses belajar peserta didik. Dan dari peristiwa sejarah ini merupakan hasil kajian yang dapat digunakan sebagai materi pendidikan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis sejarah, penerapan kemampuan sejarah, wawasan kesejarahan, dan kesadaran sejarah.Dari mempelajari sejarah kami dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia serta dunia, dari pengalaman pembelajaran tersebut dapat meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air terhadap prestasi bangsa Indonesia. Kami dapat menelusuri sejarah panjang dari perjuangan bangsa Indonesia dan menghargai semua pencapaian yang telah dicapai. Hal ini tidak hanya meningkatkan rasa kebangsaan kami saja melainkan juga memupuk cinta terhadap tanah air.

Walaupun begitu sayangnya banyak yang meragukan pentingnya akan mempelajari sejarah di zaman modern ini karena banyak yang berargumen bahwa fokus akan materi yang secara langsung lebih penting, namun mempelajari sejarah merupakan kunci masa depan kita. Sejarah tidak hanya memberikan wawasan mengenai masa lalu namun memberikan landasan untuk memahami dunia saat ini dan membentuk masa depan. Tanpa pemahaman yang mendalam mengenai sejarah, kita akan kehilangan perspektif tentang asal usul budaya, konflik, dan perubahan yang terjadi, yang telah membentuk dunia kita sekarang. Dengan mempelajari sejarah kita dapat belajar dari kesalahan yang terjadi di masa lalu dan membantu kita untuk terus mengembangkan masa yang akan datang.

 Nadiem Makarim, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyatakan membuat sebuah pernyataan mengenai mata pelajaran sejarah. Ia menyatakan, "Kakek saya adalah salah satu tokoh perjuangan dalam kemerdekaan Indonesia pada 1945. Ayah dan ibu saya aktivis nasional untuk membela hak asasi rakyat Indonesia dan berjuang melawan korupsi. Anak-anak saya tidak mengetahui bagaimana melangkah ke masa depan tanpa mengetahui dari mana mereka datang,"

Selama masa SMA saya, belajar sejarah sudah sangat bermanfaat bagi perluasan dan pengetahuan saya. Terutama terhadap pengetahuan saya mengenai identitas dan budaya bangsa kami, bangsa Indonesia. Melalui mempelajari sejarah selama masa tiga tahun di bangku SMA, saya telah mengeksplorasi pengetahuan yang mendalam mengenai budaya untuk  membentuk fondasi budaya Indonesia. Karena dalam sejarah kami tidak hanya mempelajari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah melainkan perubahan-perubahan yang terjadi dan bagaimana perubahan tersebut telah mempengaruhi budaya dan identitas bangsa kami. Dengan mempelajari topik-topik tersebut di kelas sejarah, ini telah membangun kesadaran dan menumbuhkan cinta terhadap tanah air bangsa Indonesia. Salah satu topik yang sangat menyentuh hati saya sebagai murid adalah pada pembelajaran mengenai perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan bangsa. Setelah mempelajari topik ini tidak hanya pengetahuan secara teori semakin berkembang namun, rasa bangga dan penghargaan terhadap para tokoh-tokoh pahlawan juga sangat berkembang. Saya sadar bahwa tanpa para jasa pahlawan kami tidak akan mencapai kemerdekaan dan hidup seperti sekarang.  

Selain menumbuhnya rasa cinta terhadap bangsa, pengetahuan saya dan keterampilan saya dalam berpikir kritis dan analisis saya juga sangat berkembang. Selama masa SMA saya, mata pelajaran sejarah di kelas saya diajarkan hanya oleh satu guru yaitu guruku yang tercinta Mr. Thur. Ia mengajarkan kelas kami dengan penuh semangat dan kami sering kali ditugaskan untuk mengerjakan penugasan sekolah melalui presentasi atau proyek-proyek kreatif mengenai sejarah. Dari cara pengajarannya telah membangun rasa cinta saya mempelajari sejarah. Saya yakin dari kelas sejarah ini dan melalui penugasan yang telah di berikan oleh guru-guru SMA kami, pastinya ada banyak manfaat yang kami bisa ambil, seperti cara berpikir dengan kritis mengenai sebuah kejadian yang telah terjadi, melatih hafalan murid, mengeksplorasi bukti-bukti historis, mengidentifikasi setiap kasus yang telah mempengaruhi sejarah, dan melatih kami untuk melihat sebuah peristiwa dari berbagai perspektif. Perkembangan tersebut tidak hanya bermanfaat dalam mempelajari sejarah namun dapat diterapkan dalam berbagai aspek dalam kehidupan kami dalam dunia kerja maupun keseharian kami.

Melalui mata pelajaran sejarah, pemahaman saya dalam bidang sosial dan politik terus berkembang ini telah memberikan wawasan yang luas mengenai peristiwa-peristiwa masa lalu. Dari belajar bagaimana kebijakan politik, perubahan ekonomi, dan dinamika sosial berinteraksi dalam sejarah, memungkinkan saya mengidentifikasi pola-pola berulang dan memahami akar-akar dari perubahan tersebut. Dari situ, saya dapat mengevaluasi dampak-dampak yang terjadi dalam keputusan politik dan peristiwa sejarah terhadap masyarakat dan bangsa. Terutama, mempelajari kebijakan-kebijakan masa lalu membuka pikiran saya bahwa setiap pilihan memiliki konsekuensi yang berkelanjutan dalam membentuk politik masa kini. Mengaitkan dengan pemilu Indonesia 2024 yang sekarang masih berkelanjutan, pemahaman saya tentang sejarah politik membantu saya memahami bagaimana proses-proses politik dan keputusan-keputusan yang dibuat di masa lalu mempengaruhi situasi politik saat ini. Saya sekarang dapat mengidentifikasi pola-pola politik yang mungkin muncul, memahami kepentingan-kepentingan yang terlibat, dan mengevaluasi bagaimana kebijakan-kebijakan masa lalu dapat memengaruhi arah politik ke masa depan, termasuk hasil pemilu dan kebijakan pemerintahan yang diambil. Maka, pemahaman saya tentang sejarah politik tidak hanya membantu saya menjadi warga negara yang lebih terupdate, tetapi juga mempersiapkan saya untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses demokrasi, termasuk dalam pemilu Indonesia 2024.
Lalu tidak hanya memahami struktur pemerintahan atau proses politik, mata pelajaran sejarah telah mengembangkan keterampilan kewarganegaraan saya juga. Dari mempelajari sejarah, seperti gerakan-gerakan sosial yang telah memperjuangkan hak-hak manusia dan untuk kehidupan yang lebih baik, saya sadar bahwa saya sebagai murid dan warga negara bangsa Indonesia memiliki peran yang cukup besar untuk mengembangkan isu-isu yang menurut saya bermasalah dalam bangsa. Dengan pemahaman ini, saya merasa terdorong untuk berpartisipasi dalam berbagai upaya perbaikan dan perubahan yang positif bagi masyarakat. Dengan dini, belajar sejarah tidak hanya memberikan wawasan yang luas tentang masa lalu, tetapi juga ini telah mendorong saya untuk menjadi warga negara yang perhatian dalam memajukan kesejahteraan bangsa dan masyarakat. Bahkan karena pengalaman ini, saya bermimpi untuk menjadi politikus atau pengacara yang baik, yang tidak hanya memiliki pemahaman yang kuat tentang sejarah dan nilai-nilai kewarganegaraan, tetapi saya juga memiliki komitmen untuk membela keadilan, hak asasi manusia, dan kepentingan rakyat dalam jalur politik atau hukum.

Dalam belajar sejarah, kita tidak hanya menjelajahi tentang apa yang terjadi di masa lalu, namun juga tentang akar-akar identitas kita dan memahami konteks yang membentuk dunia kita saat ini. Dari konflik hingga pencapaian, dari kebijakan politik hingga gerakan sosial, sejarah memberikan landasan yang kuat untuk memahami perubahan yang terjadi di sekitar kita. Maka dari itu, kita sebagai penerus bangsa harus tetap semangat dalam mempelajari sejarah. Bangunlah jiwa semangat kita sebagai anak bangsa demi bangsa dan negara.

Ayo,para generasi Z, mari kita teruskan semangat untuk mencintai sejarah karena dari mempelajarinya kita tidak hanya mengenal tokoh-tokoh para yang telah berjuang namun dari pencapaian nenek moyang kita yang telah membentuk bangsa ini, tapi kita juga bisa mempelajari nilai-nilai dari perjuangan itu! Semangat dan keberanian merekalah yang telah menjadi fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara kami. Mari kita bersatu dalam gotong royong untuk mencapai tujuan negara kita, yaitu kemajuan bangsa! Dari mempelajari sejara lah yang akan membawa kita untuk mencapai itu.

Mari kita berjanji untuk menjaga dan memelihara warisan sejarah bangsa kita, karena dari setiap jejak masa lalu kita dapat mempelajari pelajaran yang sangat amat berharga untuk masa depan. Dengan membangun cinta kita dalam sejarah, kita dapat membangun fondasi yang kokoh untuk menghadapai segala tantangan yang mengancam. Kita sebagai penerus bangsa jangan lah ragu untuk mengeksplorasi dan menggali lebih dalam lagi mengenai ilmu sejarah karena di dalamnya terdapat harta karun pengetahuan dan kebijaksanaan yang tak ternilai harganya. Maret kita jadikanlah sejarah sebagai panduan dan inspirasi dalam setiap langkah kita, dan bersama-sama kita akan menciptakan masa depan yang maju bagi bangsa dan generasi mendatang.

 

Sumber:
*https://kalbar.antaranews.com/berita/439101/ini-pernyataan-nadiem-tentang-mata-pelajaran-sejarah
*Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Kurikulum 2013 11b. PMP SEJ-minat SMA.pdf, https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi_7ISPmP-EAxUSxDgGHaVMCYUQFnoECCIQAQ&url=https%3A%2F%2Fsma.kemdikbud.go.id%2Fdata%2Ffiles%2FPermendikbud%2520Nomor%252059%2520Tahun%25202014%2520Kurikulum%25202013%252011b.%2520PMP%2520SEJ-minat%2520SMA.pdf&usg=AOvVaw1NflceDJEOjyQzUcW6IFFg&opi=89978449
*https://app.ruangguru.com/ruangbelajar/sma-kelas-12-ips/sejarah-peminatan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun