Mohon tunggu...
bhenu artha
bhenu artha Mohon Tunggu... Lainnya - universitas widya mataram

saya adalah karyawan universitas http://new.widyamataram.ac.id/ http://pmb.widyamataram.ac.id/

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Orientasi Pelanggan dan Kinerja Perusahaan

29 Mei 2023   23:15 Diperbarui: 29 Mei 2023   23:18 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Orientasi pelanggan merupakan faktor yang sangat penting dalam kinerja perusahaan. Ketika sebuah perusahaan mampu secara efektif mengarahkan upaya dan strateginya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, maka hal ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Pelanggan yang puas akan cenderung menjadi pelanggan setia, memperoleh produk atau layanan lebih banyak, dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain. Oleh karena itu, orientasi pelanggan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam strategi pemasaran dan pengembangan bisnis.

Selain itu, ikatan bisnis, politik, dan jaringan sosial juga memainkan peran penting dalam memoderasi hubungan antara orientasi pelanggan dan kinerja perusahaan. Ikatan bisnis mengacu pada hubungan yang dibangun oleh perusahaan dengan mitra bisnis, seperti pemasok, distributor, atau afiliasi lainnya. Ketika perusahaan memiliki ikatan bisnis yang kuat, hal ini dapat memperkuat pengaruh positif dari orientasi pelanggan terhadap kinerja perusahaan. Hal yang sama berlaku untuk ikatan jaringan sosial, di mana hubungan yang baik dengan pihak-pihak terkait secara sosial dapat meningkatkan dampak positif dari orientasi pelanggan.

Namun, tidak semua jenis ikatan memiliki efek moderasi yang sama. Dalam penelitian ini, terungkap bahwa hanya ikatan jaringan bisnis dan sosial yang memiliki efek moderasi positif dan signifikan pada hubungan antara orientasi pelanggan dan kinerja perusahaan. Ini berarti bahwa pengaruh orientasi pelanggan pada kinerja perusahaan menjadi lebih jelas ketika perusahaan memiliki ikatan jaringan bisnis dan sosial yang rendah. Dalam konteks ini, ikatan jaringan bisnis dan sosial dapat berfungsi sebagai sumber daya tambahan yang mendukung pengaruh positif dari orientasi pelanggan.

Dalam rangka mencapai peningkatan kinerja perusahaan, penting bagi perusahaan untuk memiliki orientasi pelanggan yang kuat dan membangun ikatan yang baik dengan mitra bisnis dan jaringan sosial. Dengan demikian, perusahaan dapat memanfaatkan kontribusi unik dari orientasi pelanggan terhadap kinerja perusahaan dan memaksimalkan dampaknya melalui moderasi positif dari ikatan bisnis dan sosial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun