Mohon tunggu...
bhenu artha
bhenu artha Mohon Tunggu... Lainnya - universitas widya mataram

saya adalah karyawan universitas http://new.widyamataram.ac.id/ http://pmb.widyamataram.ac.id/

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gamifikasi dan Kesehatan Masyarakat

22 Mei 2023   10:00 Diperbarui: 22 Mei 2023   10:29 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gamifikasi telah terbukti menjadi alat publisitas yang efektif dalam mempromosikan kesehatan masyarakat. Dengan menggabungkan elemen-elemen permainan dalam konteks kesehatan, gamifikasi dapat membuat pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi individu yang ingin meningkatkan gaya hidup sehat. Salah satu faktor berpengaruh dalam penggunaan gamifikasi adalah harga. Dalam hal ini, harga mengacu pada insentif atau hadiah yang ditawarkan kepada peserta yang mencapai tujuan kesehatan tertentu.

Misalnya, perusahaan asuransi kesehatan dapat memberikan diskon premi bagi peserta yang mencapai target langkah harian tertentu atau mencapai berat badan yang sehat. Dengan menggunakan harga sebagai bagian dari strategi gamifikasi, masyarakat dapat terdorong untuk mengadopsi perilaku sehat dan merasa termotivasi untuk mencapai tujuan kesehatan mereka.

Faktor harga dalam gamifikasi juga dapat mencakup hadiah non-moneter yang dapat mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam program-program kesehatan. Misalnya, hadiah berupa pengakuan publik atau status khusus dapat menjadi insentif yang kuat bagi individu untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya kesehatan masyarakat. 

Dalam beberapa kasus, penghargaan atau pujian dari tokoh publik atau selebriti dapat meningkatkan tingkat partisipasi dan memperkuat pengaruh gamifikasi dalam mempromosikan perilaku sehat. Dengan menggunakan faktor harga ini secara efektif dalam strategi gamifikasi, program-program kesehatan dapat lebih menarik bagi masyarakat dan memperoleh tingkat partisipasi yang lebih tinggi.  

Faktor harga dalam gamifikasi perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat target. Setiap individu mungkin memiliki persepsi nilai yang berbeda terkait hadiah dan insentif yang ditawarkan. Oleh karena itu, penting bagi penyedia layanan kesehatan atau pemerintah untuk melakukan riset dan memahami audiens mereka dengan baik sebelum merancang program gamifikasi. Dengan memahami preferensi dan motivasi masyarakat, harga dalam gamifikasi dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat mendorong partisipasi yang optimal dan mempromosikan kesehatan masyarakat secara efektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun