Mohon tunggu...
Berlienda nur zifa
Berlienda nur zifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

nama saya berlienda nur zifa alhikmah,bisa di panggil berlienda saya lahir di gresik pada tanggal 24 juli 2003 saya anak pertama dari 2 bersaudara dan sekarang tinggal di gresik, agama saya islam begitu juga keluarga saya tinggi badan saya sekitar 161 cm dan berat badan sekitar 50kg. saya memiliki rambut lurus berwarna hitam kecoklatan.warna hijau adalah warna kesukaan saya. tempat kesukaan saya yang bertema kehijauan saya merasa sangat damai apabila berdampingan dengan kehijauan saya memiliki sifat yang ramah,periang dan senang bergaul dan suka bersosialisasi saya memiliki hobi berolahraga volli saat waktu luang saya sering berolahraga saya sekolah MI di madrasah alhoiriyah 1 berlanjut sampai MA disana dan sekarang saya memilih berkuliah di UINMAULANA MALIK IBRAHIM MALANG angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar di Usia Remaja

7 Desember 2023   09:12 Diperbarui: 7 Desember 2023   09:16 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Belajar pada masa remaja

 

Masa remaja ini merupakan peralihan atau masa pubertas setelah pertumbuhan anak anak pada masa ini anak mengalami masa remaja perbentukan fisik dan sifat atau perkembangan sikis nya.

Pada masa ini remaja sangat terpengaruh pada perkembangan teknologi dan komunikasi pada zaman sekarang dimana teknologi dan komunikasi ini sangat berkembang pesat di era sekarang ini.

Tetapi ada pengaruh baik dan buruk dalam perkembangan teknologi dan komunikasi yakni pengaruh baik nya bisa mengarah ke hal hal positif dan ada juga mengarah ke negatif dan juga bisa membuat remaja mengalami penurunan motivasi belajar bagi siswa.

Guru merupakan salah satu bagian komponen peningkatan motivasi belajar yang di pengaruhi dalam belajar tetapi harus dengan metode yang tepat tidak hanya di tuntut dari pengalaman tetapi di tuntut secara praktis juga.

Pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas jika siswa terlibat secara aktif dan fisik mental sosial dan proses untuk mencapai hasil pembelajaran yang baik fisik, mental dan mencapai hasil pembelajaran yang ingin di capai sehingga perkembangan baik dan aktif.

Remaja memiliki motivasi belajar maka tidak ada belajar pada diri siswa apalagi pada masa remaja sangat parsial individu memiliki konsep diri yang positif lebih mampu menyesuaikan diri di banding dengan individu yang memiliki konsep diri yang negatif.

Kondisi fisik juga memberikan kontribusi terhadap penyesuaian pada remaja selain konsep diri kondisi fisik juga di dalam nya terdapat kemampuan dan kemauan untuk berubah dalam agama atau masyarakat dan lingkungan.

Remaja juga merupakan memiliki kepribadian yang labil dan sedang mencari jati diri untuk membentuk karakter permanen pendidikan pada usia remaja menjadi momen penting untuk menentukan karakter seseorang setelah dewasa karena faktor orang tua atau guru di sekolah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun