Mohon tunggu...
Berlienda nur zifa
Berlienda nur zifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

nama saya berlienda nur zifa alhikmah,bisa di panggil berlienda saya lahir di gresik pada tanggal 24 juli 2003 saya anak pertama dari 2 bersaudara dan sekarang tinggal di gresik, agama saya islam begitu juga keluarga saya tinggi badan saya sekitar 161 cm dan berat badan sekitar 50kg. saya memiliki rambut lurus berwarna hitam kecoklatan.warna hijau adalah warna kesukaan saya. tempat kesukaan saya yang bertema kehijauan saya merasa sangat damai apabila berdampingan dengan kehijauan saya memiliki sifat yang ramah,periang dan senang bergaul dan suka bersosialisasi saya memiliki hobi berolahraga volli saat waktu luang saya sering berolahraga saya sekolah MI di madrasah alhoiriyah 1 berlanjut sampai MA disana dan sekarang saya memilih berkuliah di UINMAULANA MALIK IBRAHIM MALANG angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori tentang Jarome Bruner dalam Pendidikan

29 Oktober 2023   22:37 Diperbarui: 29 Oktober 2023   22:44 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Teori jarome bruner dimana teori ini membahas tentang belajar matematika yang terdapat 3 hal yaitu enaktif diamana tahapan belajar ini di beri kesempatan untuk memanipulatif objek konkrit secara langsung yang kedua ikonik merupakan tahapan dimana siswa mengamati sebuah objek dalam bentuk gambar yang ketiga simbolik dimana siswa mengamatj gambar gambar sebelumnya dengan dan memasukan kedalam simbol simbol matematika teori ini sangat berpengaruh cukup besar terhadap bidang pendidikan bruner lebih banyak memberikan pandangan tentang perkembangan kognitif manusia atah cara manusi belajar atau cara mendapatkan pengetahuan dan mentransfer pengetahuan pandangan ini merupakan pandangan manusia sebagai proses pemikir serta pencipta informasi belajar merupakan proses aktif nemungkin kan manusia untuk hal baru di luar informasi yang diberikan kepada dirinya pendekatan ini terdapat dua adumsi yang pertama merupakan proses perolehan Pengetahuan merupakan interaktif dan kedua merupakan manusa mengkonsumsikan pengetahuanya melalui informasi yang masuk di dalam pemikiranya ada beberapa tema yang ia kembangkan yakni tema struktur yang ke dua kesiapan Yang ke tiga proses sedangkan yang terakhir merupakan keinginan atau motivasi dalam teori ini proses belajar menggunakan metode mental dan beradaptasi menjadi model pembelajaran siswa untuk belajar mandiri dan menemulan cara sendiri.

Tahapan belajar dalam teori ini merupakan interaksi di antara siswa dengan lingkungan memberikan mereka kesempatan untun memenuhi keinginan dan penemuan.

satu tokoh pendidikan ini banyak bergerak di bidang matematika sebagai yang di ujikan pembelajaran matematika lebih sukses dalam proses belajar dan lebih di arahkan ke struktur dan konsep yang mencakup di bahan yang di ajarkan maka siswa akan memahami dan tau apa yang harus mereka lakukan para siswa juga di ajarkan agar bisa mendapat pengalaman dan melakukan eksperimen yang mereka lakukan dengan prinsip hidup dengan cara belajar penemuan bruner ini ada dampak positif yakni pengetahuan itu akan bertahan lama memiliki efek transfer dan penalaran siswa berfikir bebas pendekatan ini juga mengajarkan keterampilan pemecahan masalah serta mengabalisis memanipulatif informasi apabila ada seorang siswa menguasak struktur dasar pembelajaran maka mereka mudah mempelajark bahan bahan pelajaran lain di bidang studi sama dan mengingat bahan baru yang bermakna teori ini juga mengembangkan pengalaman optimal pada siswa, struktur pengetahuan optimal, rinci urutan penyajian materi, bentuk reinformasi.

Teori ini menjelaskan proses perolehan informasi serta transformasi dan pengujian relevan serta ketepatan pengetahuan bruner tudan menggunakan uji covba manusi atau hewan tetapi ujia coba uji coba pada pembelajaran matematika namun ada kelemahan di dalam teori ini yakni bidang studi tidak semua bisa di lakukan dengan teori ini dan Tidak semua siswa mampu untun melakukan teori ijj karena pada dasrnya teori ini sangat sulit di terapkan di kebudayaan masyarakat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun