Mohon tunggu...
Berita  Startup
Berita Startup Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Keluhan Konsumen Penting untuk Perkembangan Bisnis E-Commerce

12 Oktober 2018   15:44 Diperbarui: 12 Oktober 2018   15:44 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di Indonesia, e-commerce sedang menjadi bisnis yang digemari banyak kalangan. Tentu saja hal itu disebabkan karena keuntungan dan fleksibilitas waktu saat bekerja. Namun, pebisnis e-commerce cenderung tdak akan menanggapi keluhan dari para konsumennya. Padahal pelaku bisnis e-commerce harusnya sadar bahwa keluhankonsumen sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas mereknya.

Hal tersebut tentunya didukung oleh kemudahan yang diberikan untuk menyampaikan ketidakpuasan mereka hari ini melalui saluran media sosial dan outlet lain di mana berita buruk dapat menjangkau banyak khalayak dalam hitungan detik. Oleh karena itu, penting bagi bisnis e-commerce untuk memahami masalah saat ini dan mendengarkan kebutuhan konsumen. Selain itu, keluhan konsumen ternyata memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis online.

Keuntungan pertama yang didapatkan adalah perhatian dari para konsumen. Jika produk e-commerce yang Anda tawarkan menarik tetapi ada yang tidak sesuai tentunya konsumen akan memberikan perhatian lebih pada e-commerce Anda. Jika memang tidak menarik, tentu konsumen tidak akan membuang waktu untuk komplain dan langsung pindah ke e-commerce lainnya. Tentunya hal ini merupakan keuntungan sehingga Anda tidak perlu panik dalam menyikapinya.

Keuntungan kedua yang akan Anda dapatkan dari komplain adalah adanya kritik dan masukan untuk membuat e-commerce Anda lebih baik. Anda tidak perlu memusingkan untuk mencari tambahan fitur ataupun perbaikan karena konsumen akan memberikan masukan pada e-commerce Anda. Hal itu tentunya membuat Anda menyesuaikan e-commerce dengan pasar yang ada berdasarkan komplain tersebut.

Sementara itu, keuntungan ketiga yang didapatkan adalah adanya pelanggan yang setia. Komplain yang diberikan tentunya karena konsumen tersebut menyukai produk dari e-commerce Anda tetapi ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Keluhan ini merupakan bukti kuat bahwa mereka memiliki kepedulian yang tinggi terhadap bisnis e-commerce Anda karena produk anda memberikan sumbangan pada kehidupan mereka.

Itulah keuntungan yang Anda dapatkan ketika menerima komplain dari konsumen Anda. Walaupun memiliki keuntungan tersebut, sebagian orang masih ragu untuk memulai bisnis e-commerce karena kejamnya netizen dalam memberikan komplain dan sulitnya untuk membuat aplikasi dan website. Padahal, saat ini sudah ada Emposh yang merupakan white label e-commerce untuk membantu Anda berbisnis e-commerce.

Emposh merupakan anak perusahaan PT Hensel Davest Indonesia (HDI) yang merupakan perusahaan fintech terintegrasi. Selain itu, Emposh akan memberikan website dan aplikasi yang memiliki beragam template serta fitur kustomisasi penuh untuk Anda memulai bisnis e-commerce.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun