Mohon tunggu...
Berita News
Berita News Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Emposh: Ibu Rumah Tangga yang Gemar Internet akan Dominan Belanja "Online"

5 Maret 2018   08:39 Diperbarui: 5 Maret 2018   08:53 765
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Emposh mengungkapkan bahwa para ibu rumah tangga yang telah pintar memanfaatkan internet kenyataannya memiliki perbedaan perilaku dengan ibu yang belum tahu menggunakan internet. Pendapat ini mendapat tanggapan sama dengan riset yang dilakukan oleh Google Indonesia. Perilaku ibu sebagai consumer online tampak adanya perbedaan signifikan antara ibu yang menggunakan internet dengan yang tak memakai internet.

Ariani Wijayanti selaku Product Analyst Google Indonesia memaparkan bahwa ibu yang memakai internet cenderung membeli variasi produk lebih banyak dibanding dengan yang offline. Ini tampak pada jenis barang yang dibeli.

Nasratul Jannah sebagai CEO Emposh mengungkapkan bahwa kaum ibu online juga dinilai lebih mungkin membeli barang dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini memperlihatkan daya beli mereka lebih tinggi pula. Namun meskipun daya beli tinggi, tetapi kaum ibu digital ini justru dapat membeli barang dengan harga yang miring.

Senada dengan Emposh, Google pun membenarkan hal ini karena disebabkan oleh informasi yang mereka dapat membuat barang yang dibeli dengan jumlah banyak namun harganya lebih murah. Ariyani menyimpulkan bahwa ibu online cenderung akan membeli 2,3 kali lebih banyak variasi produk daripada offline. Lalu mereka juga cenderung membeli produk itu 1,5 kali lebih banyak dibanding offline. Sementara konsumsi online dan offline lebih kurang sama.

Untuk para penjual, Ariani menyatakan bahwa ibu online 3,5 kali lebih bernilai daripada yang tak memanfaatkan internet. Emposh juga akan lebih memiliki pangsa pasar yang menguntungkan jika ibu rumah tangga semuanya beralih menggunakan internet. Sebab semakin banyak yang memakai internet, maka tingkat konsumsi untuk belanja online makin meningkat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun