Mohon tunggu...
Eva NoorFitriana
Eva NoorFitriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Speaker 30+ events - 30+ prestasi Provinsi, Nasional, Internasional - Gelar Kehormatan MAWAPRES Teknik PWK Undip Tahun 2021 - Gelar Kehormatan Mba Teknik Universitas Diponegoro Tahun 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ekonomi Meningkat, Kemiskinan Terhambat! Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Beri Edukasi Pentingnya Strategi Pemasaran Kewilayahan Masyarakat Desa Sangge

15 Februari 2024   09:15 Diperbarui: 15 Februari 2024   09:34 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Pribadi di Kediaman Posko KKN Tim 1 UNDIP

Desa Sangge, Kab. Boyolali (27/1/2024). KKN TIM 1 UNDIP melakukan edukasi mengenai pentingnya strategi pemasaran kewilayahan pada pelaku UMKM yang ada di Desa Sangge. Pasalnya banyak sekali masyrakat dan anak muda yang merantau ke luar daerah seperti Jakarta, dan kota-kota besar lain untuk mengadu nasib. Miris sekali melihat jejak pendidikan, dan sdm yang krang dan martabat dari ibu koa yang dianggap sangat tinggi dan dianggap jika merantau maka akan sukses. Padahal, jika memang didasari dengan ilmu yang cukup, kualitas sumber daya yyang baik maka stigma itu mampu terhapuskan. Terutama pada pelaku usaha pada UMKM dapat mendobrak perekonomian asal mengetahui strategi dan kerjasama kewilayahan untuk melakukan pemasaran lebih luas. 

Dengan hadirnya mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP di Desa Sangge, harapannya mampu membuka mata, dan mengurangi angka pengangguran maupun angka perantau Desa Sangge yang berpindah dari desa ke kota. Sejauh ini, masyarakat masih ragu dengan kemampuan kota/wilayahnya dalam memberikan lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat lebih memilih untuk mengunjungi kota besar untuk berdagang atau berusaha dengan dalih akan sukses di kota.

Dengan demikian, mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2023/2024 Eva Noor Fitriana mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota berusaha memberikan gambaran, edukasi, dan ilmu mengenai economic planning, yang memberikan gagasan tentang pentingnya strategi pemasaran yang baik. Mengapa dibutuhkan pemasaran yang baik dan kerjasama antar wilayah? Karena dengan semakin luasnya produk UMKM yang dikenal masyarakat luas, maka akan membuka ladang rezeki yang lebh luas pula karena jangkauannya yang tidak lagi sempit. Pening bagi pelaku usaha atau pelaku UMKM dalam belajar, bonding antar UMKM atau pelaku usaha lain dalam memajukan usaha yang sedang dijalankan. 

Anak muda dan masyarakat tidak perlu risau, dengan adanya ikhtiar, strategi yang baik, masyarakat diharapkan untuk tidak merantau. Akibatnya, di Desa Sangge banyak sekali anak-anak usia di bawah umur dan masih perlu didikan orangtua terlantar. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP berusaha untuk menghambat atau mengurangi hal tersebut. Harapannya masyarakat cukup aware dengan libgkungan sekitar, dan aware mengenai pentingnya strategi pemasaran pada produk yang sedang dijalankan, bukan khawatir mengenai kondisi kewilayahan atau pemasaran yang sepi. Disini, perlu pembenahan lebih ketat mengenai strategi an pemikiran serta gambaran mengenai pembeli ata ukuran pasar seperti apa dalam melakukan jual beli.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun