Mohon tunggu...
Usaha Desa
Usaha Desa Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Menciptakan Kemasan Hebat Bagi Produk UMKM

10 Februari 2016   02:33 Diperbarui: 10 Februari 2016   02:57 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Menciptakan Kemasan Hebat Bagi Produk UMKM "][/caption]

Kemasan alias packaging adalah salahsatu faktor penentu calon pembeli menentukan barang yang dipilihnya. Meski penting, seringkali masalah ini tidak disadari sebagian pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Padahal urusan kemasan sesungguhnya tidak terlalu rumit. Inilah beberapa hal yang biasanya menjadi acuan para pembeli dari kemasan sebuah produk.

Warna khas kemasan adalah salahstau penanda yang akan selalu diingat konsumen. Seperti tutup botol minumen mineral merek Aqua yang memilih warna biru. Air dan warna biru memang identik dan Aqua berhasil membuat produknya hingga sebagian orang menyebut air mineral sebagai Aqua.

Cara ini juga bisa dilakukan pada usaha fesyen hijab misalnya. Tas jinjing pembungkus produk adalah iklan berjalan bagi merek dan toko Anda. Jadi, buatlah disain yang menarik, meski berbahan kertas dan bisa dibuat sendiri tetapi gambar yang bagus akan membuat tas kertas murah sekalipun menjadi terlihat mewah. Hal itu akan membuat produk hijab yang Anda jual menjadi terdongkrak gengsinya.

Bentuk kemasan sangat penting. UMKM di sektor industri makanan harus kreatif membuat kemasan. Usahakan kemasan plastik atau kotak pembungkus dibuat beda misalnya plastik yang di sablon sendiri atau kotak karton berbentuk segitiga. Kenapa tidak? Bukankah bentuk roti bisa dibuat aneka rupa, misalnya makanan berbahan buah salah kenapa tidak mengindentikan kemasannya pada bentuk salak?

Baca Juga : Meningkatkan Daya Jual Produk UKM dari Kemasan

Gambar dan tulisan yang ada pada kemasan jelas harus bagus dan gampang diingat konsumen sehingga ketiak kembali ke minimarket dia langsung akan mencari gambar dan tulisan yang ada dibenaknya. Pelaku UMKM hanya tinggal minta bantuan desainer grafis untuk membuatkan disain seperti ini. Hari ini ada banyak anak muda menguasai teknik disain grafis sederhana keahliannya cukup untuk membuat disain bagus dengan biaya yang murah.

Jangan lupa soal bahan kemasan. Bahan pembungkus ini harus mampu melindungi produk dari kemungkinan kerusakan. Pilihlah bahan yang kuat tapi murah. Kotak pembungkus makanan tak harus dengan kertas tebal nan mengkilat. Dengan teknik disain grafis yang jitu, bahan sederhanapun bakal menjadi tampak mewah. Sebaliknya, ada banyak kemasan dengan bahan mewah tapi disain sederhana. Misalnya, kotak Handphone Blackberry yang hanya menyajikan warna hitam pekat dan sedikit tulisan. Para pelaku UMKM bisa melakukan sebaliknya, kalau bisa dengan bahan murah dan sederhana, kenapa harus berbahan mahal?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun