Mohon tunggu...
Benny Rhamdani
Benny Rhamdani Mohon Tunggu... Novelis - Kreator Konten

Menulislah hal yang bermanfaat sebanyak mungkin, sebelum seseorang menuliskan namamu di nisan kuburmu. | Subscribe YouTube @bennyinfo

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Tip Benny Rhamdani: Terbitkan 27 Buku Selama 2023 di Penerbit Mayor

1 Desember 2023   09:12 Diperbarui: 1 Desember 2023   09:31 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Produktif Menulis Buku Saat Pensiun. (FOTO: Benny Rhamdani)

Tahun 2023 sudah masuk bulan Desember. Saatnya saya menghitung jumlah buku yang tertulis nama Benny Rhamdani sebagai penulis.

Ternyata buku dengan nama Benny Rhamdani di sampul depan jumlahnya mencapai 27 judul. Ini harus saya syukuri karena saya sudah masuk usia pensiun yang konon bukan usia produktif.

Yang membanggakan buku dengan nama Benny Rhamdani ini semua diterbitkan penerbit mayor. Bukan penerbit indie atau penerbit tak dikenal. Diantaranya Kidos yang merupakan imprint penerbit di Gramedia Group bekerjasama dengan Tanoto Foundation, Faber Castell Indonesia Internasional, Pelangi Mizan dan Dar! Mizan.

Tema yang saya tulis juga bermacam. Mulai dari kemandirian, petualangan, peran ayah, dan lain-lain.

Saya juga menggandeng beberapa ilustrator muda untuk berkarya membuat buku 

Bagaimana cara saya tetap produktif menerbitkan buku?

1. Disiplin diri. Terus menulis setiap hari, diselingi membaca referensi buku di dalam maupun luar negeri.

2. Belajar hal-hal baru. Saya terus mempelajari hal-hal baru agar tidak monoton dalam berkarya. Saya juga mengikuti perkembangan di dunia psikologi anak, pendidikan anak, hingga masalah parenting.

3. Personal branding. Tetap lakukan upaya pencitraan diri, terutama kompetensi saya dalam menulis cerita atau buku anak. Baik melalui media sosial maupun karya saya itu sendiri 

Mau produktif menulis buku saya? InsyaAllah akan saya buatkan di artikel-artikel berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun