Â
Di Indonesia telah terjadi pemekaran mulai dari tingkat provinsi sampai desa. Dalam hal ini dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang memadai dan membutuhkan sistem informasi yang layak. Pemerintah desa melakukan tata kelola desa untuk menyusun rencana dan anggaran yang inklusif. Â Pemerintah desa melakukan program Sistem Informasi Desa untuk membantu desa dalam mengelola data dan informasi termasuk menyimpan dan mengonsolidasi data kependudukan, data kemiskinan, data potensi desa, data informasi public desa, dan data lainnya.
PENGERTIAN SISTEM INFORMASI DESAÂ
Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sebuah platform yang digunakan oleh pemerintah desa untuk mengelola data dan informasi pendukung perencanaan dan penganggaran yang berbasis data atau bukti. Pengembangan SID bertujuan mendorong perbaikan tata kelola desa melalui perencanaan dan penganggaran yang lebih baik dan inklusif, sehingga akan bermanfaat bagi. Tata kelola desa tersebut berpedoman pada prinsip partisipatif, akuntabel, inklusif, dan berkelanjutan.
Manfaat pada sistem informasi desa pada desa kabupaten atau provinsi adalah untuk menyedikan layanan administrasi kependudukan, mendukung perencanaan dan anggaran menyediakan data kesehatan dan Pendidikan, membantu bantuan langsung hingga koordinasi pada saat COVID 19.
- Untuk mengelola data kependudukan secara efisien dan valid
- Untuk data yang lebih efisien dan valid dengan bantuan teknologi akan membantu untuk validasi kemiskinan dan masyarakat rentan.
- Mempercepat pealyanan administrasi di desa
- Dengan Sistem Informasi Desa pelayanan untuk mencetak surat menjadi lebih cepat, dan memudahkan warga memenuhi persyaratan administrasi dan melihat program program dari pemerintah.
- Transparasi kepada desa
- Warga desa dengan gampang dapat mengakses anggaran desa yang telah dipakai oleh pemerintah pada website Sistem Informasi Desa.
- Â
MEMPERMUDAH PENGELOLAAN DATA PENDUDUK DAN ADMINISTRASIÂ
Pada jaman yang maju di era digital pengelolaan data penduduk dan administrasi menjadi penting dan kompleks. Untuk kependudukan, kesehatan dan keamanan. SID dapat mempermudah pengelolaan data seperti
Sistem Informasi Kedudukan (SIK)
Sik merupakan data untuk mengelola data penduduk. Untuk proses pencatatan, pengelolaan, dan pemutahiran data penduduk. Mulai untuk perekatan data pada nama, alamat, tanggal lahir agar tidak terjadi kesalahan untuk intefgrasi kartu tanda pendudu, surat keterangan kelahiran, dan surat keterangan pindah. Jadi warga bisa mengecek agar tidak terjadi kesalahan pada pendataan.
Sistem informasi administrasi (SIA)