Mohon tunggu...
Benidiktus Himang
Benidiktus Himang Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Informatika, di salah satu kota di Indonesia. I like E-sports Games, Mobile legends etc, https://www.s.id/himang

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pengalaman Pertama Kali Naik KAI Commuter

18 Agustus 2023   13:10 Diperbarui: 18 Agustus 2023   14:36 469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Pribadi: Benidiktus Himang

Oleh: Benidiktus Himang

Sebagai seseorang yang lahir dan besar di desa, beragam pengalaman urban yang berada di luar zona kenyamananku selalu memicu keingintahuan. Salah satunya adalah naik KAI Commuter. 

Bagi sebagian besar warga ibukota dan sekitarnya, menggunakan KAI Commuter mungkin sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Namun, bagi saya, itu adalah sebuah pengalaman baru yang sangat berkesan.

Sebelum bercerita lebih lanjut, saya ingin memberi konteks sedikit tentang latar belakang saya. Tumbuh di desa, transportasi yang saya kenal terbatas pada sepeda, sepeda motor, dan sesekali Angkot. Jadi, ketika pertama kali datang ke Jakarta, segala sesuatu tampak asing, termasuk kereta api komuter yang sering kali saya dengar, namun belum pernah saya rasakan. 

Saya kebetulan berasal dari Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda. Yang sampai saat ini 18 Agustus 2023 saya menulis artikel ini belum ada yang namanya kereta api komuter dan itu yang membuat saya ingin sekali merasakan bagaimana rasanya menaiki kendaraan yang cukup menarik bagi saya pribadi. 

Saya ke Jakarta tepatnya hanya untuk liburan sehabis waktu senggang merasakan pertama kalinya ke jakarta, Saya pada saat itu mahasiswa semester 5, dan saya mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 dari Ditjen Diktiristek 2022 , di Universitas Pamulang. 

Tepat Hari kamis, 29 September 2022 saya libur kuliah karena hari itu saya tidak ada matakuliah jadi pagi-pagi saya dan teman-teman saya yang dari pulau lain yang ada di indonesia karena kami Mahasiswa PMM 2 berasal dari berbagai pulau yang ada di indonesia.

Pagi itu, dengan semangat yang membara, saya dan teman-teman memutuskan untuk mencoba naik KAI Commuter. Tidak ada tujuan khusus, hanya ingin merasakan sensasi berada di dalamnya dan tentu saja, ingin tahu apakah segala puji tentang KAI Commuter -- murah, cepat, aman, dan nyaman -- memang sesuai kenyataannya.

Pertama-tama, saya harus membeli tiket. Stasiun yang saya datangi cukup modern dengan sistem tiket elektronik. Meskipun awalnya sedikit bingung, namun dengan bantuan petugas dan sedikit bacaan petunjuk yang ada, saya berhasil mendapatkan tiket untuk tujuan saya.

Ketika kereta datang, saya merasa kagum. KAI Commuter tampak gagah, modern, dan rapi. Begitu pintu kereta terbuka, saya segera mencari tempat duduk dan namun karena pagi dan ramai orang berpergian saya tidak mendapatkan tempat duduk untuk beberapa saat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun