Mohon tunggu...
Beni Ananto
Beni Ananto Mohon Tunggu... Penulis - Halo saya Beni, seorang INFP atau INFJ (menurut MBTI Test). Salam kenal :))

Wabi-Sabi: Melihat kesempurnaan dibalik ketidaksempurnaan. My personal blog too https://medium.com/@beniananto

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tantangan Menulis Bulan Juli, Menulis Selama Sebulan di Kompasiana (Checked)

3 Agustus 2024   21:56 Diperbarui: 3 Agustus 2024   22:01 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pojok Post Bookshop 

Pada tanggal 1 Juli 2024, saya memulai untuk berkomitmen menulis selama sebulan full di Kompasiana. Saya mencoba menantang diri saya untuk konsisten dalam menulis. Dan saya juga punya target untuk merubah level saya dari Debutan menjadi Junior. Alhamdulillah, saya berhasil men-challenge diri saya di bulan Juli lalu. Menulis selama sebulan di Kompasiana dan berubah level menjadi Junior, checked.

Saya tidak menyangka ternyata saya bisa melakukan itu semua, menulis setiap hari di Kompasiana. Di tengah aktifitas saya sebagai pekerja, saya ternyata masih bisa menulis tiap hari. Meluangkan waktu satu sampai dua jam untuk menulis. Awal-awal saya masih semangat, setelah berjalan seminggu, sudah mulai terasa berat untuk menulis tiap hari. Tidak jarang kerjaan di kantor itu buat saya melelahkan dan overwhelmed, ditambah harus nulis tiap hari.

Tapi saya teringat dengan komitmen saya yang sudah saya tuliskan dan terbit di Kompasiana lalu. Walaupun capek, rasa malas dan writer's block terus mendera, saya coba untuk menulis, minimal saya sudah di depan laptop dulu. Di pertengahan bulan saya sudah mulai tau ritme menulis saya. Jadi saya itu ternyata memang lebih suka dan nyaman menulis selepas jam kerja, jadi ya sekitara jam lima sampai malam. Kadang saya menulis di rumah, tapi ternyata agak challenged saat saya menulis di rumah ketika weekdays.

Rasanya badan sudah capek dan males buka laptop, jadi harus buat afirmasi kuat untuk bisa buka laptop lagi. Pada akhirnya saya menemukan cara baru untuk menulis. Setiap jam kerja selesai, saya tetap di kantor dan menyeselesaikan tulisan saya. Sering kali saya bisa sampai malam di kantor, bahkan teman-teman kantor sudah pulang duluan. Jadi saya sendiri di kantor, kebetulan OB kantor itu menginap. Jadi saya tidak khawatir. Menulis di luar jam kerja dan malam hari membuat saya semangat kembali, yang awalnya saya sudah capek dengan urusan pekerjaan, ketika menulis saya terasa lebih on fire.

Walau saya harus pulang malam, tidak masalah buat saya. Di jalan pun kendaraan sudah mulai berkurang kemacetannya. Dan yang terpenting saya sesampainya di rumah tidak perlu buka laptop lagi. Jadi tinggal santai-santai saja dan bisa langsung istirahat. Dan yang terpenting adalah, misi saya menulis di Kompasiana di bulan Juli, checked. Dan berubah level dari Debutan menjadi Junior, checked. :))

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun