Mohon tunggu...
Beni Ananto
Beni Ananto Mohon Tunggu... Penulis - Halo saya Beni, seorang INFP atau INFJ (menurut MBTI Test). Salam kenal :))

Wabi-Sabi: Melihat kesempurnaan dibalik ketidaksempurnaan. My personal blog too https://medium.com/@beniananto

Selanjutnya

Tutup

Book

Review Buku Percakapan dengan Kafka Karya Gustav Janouch

26 Juli 2024   22:15 Diperbarui: 26 Juli 2024   22:27 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buku Saku Percakapan dengan Kafka Karya Gustav Janouch/dokpri

Ketika saya bermain ke POST Bookshop, Jakarta, saya melihat satu buku yang menarik perhatian saya. Bukunya tipis, hanya serratus halaman saja. Saya tertarik ketika melihat judulnya, Percakapan dengan Kafka. Kafka adalah nama yang menarik perhatian saya. Pertama kali saya mengenal Franz Kafka adalah ketika membaca novelet berjudul Metamorfosis. Dan di saat itu saya jadi penasaran dengan penulis tersebut.

Buku ini ditulis oleh Gustav Janouch seorang kawan dari Franz Kafka yang sama-sama berasal dari Praha. Yang merupakan memoar yang otentik mengenai Franz Kafka. Jika ingin tau lebih dalam mengenai Kafka, seorang novelis, sastrawan yang berasal dari Praha, Republik Ceko. Di buku ini diceritakan bahwa Kafka adalah seorang introvert. Lelaki rendah hati yang sensitif  juga pemalu.

Buku ini juga menjelaskan bagaimana gesture dari seorang Kafka saat berbicara. Bagaimana penulis dengan terang menggambarkan bahasa tubuhnya  ketika sedang berbincang dengan orang lain. Bentuk ekspresinya bisa tergambar. Bagaimana Kafka sering mengungkapkan sesuatu yang dirasakan dan dipikirkannya dengan kalimat-kalimat ironi.

Cara pandang Kafka mengenai sastra, seni, politik, kehidupan dan dunia pun diterangkan di buku ini. Ketika membaca buku ini, kita seperti sedang ada di tengah-tengah perbincangan antara Janouch dan Kafka. Kafka pernah bilang bahwa menulis adalah sebuah terapi. Di sini juga Kafka menyinggung seniman dan sastrawan hebat seperti Van Gogh, Picasso, Marxisme, Zionisme, dan Yahudi.

Berikut kalimat atau quotes di buku ini yang menginspirasi buat saya secara pribadi.

"Jalan dari kepala menuju pen aitu lebih panjang dan sulit disbanding jalan dari kepala menuju lidah."

 

"Jangan berlebih-lebihan. Tetap tenang. Ketenangan itu ungkapan kekuatan. Tetapi seseorang juga bisa mendapat kekuatan berkat ketenangan. Itulah hukum dua kutup berlawanan. Jadi, tetap tenanglah. Sunyi ketenangan akan membebaskan, bahkan sebelum saat eksekusi."

 

"Kita harus pergi jauh agar dapat menemukan rumah kita yang hilang."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun