Saya memilih akun media sosial official brand body care Scarlett Whitening. Menurut saya sosial media Instagram milik brand Scarlett Whitening sudah mempresentasikan produk-produk yang dimiliki oleh Scarlett Whitening. Iklan body care Scarlett Whitening ini memang terlihat menarik bagi siapa saja yang melihat.Â
Dikarenakan pihak Scarlett Whitening sendiri rela mengeluarkan uang lebih untuk menjadikan girlband asal Korea Twice dan Song Joong Ki sebagai Brand Ambassador mereka. Bukan tanpa alasan tim Scarlett Whitening memilih mereka sebagai Brand Ambassador. Karena zaman sekarang ini lebih-lebih anak muda bahkan anak-anak sudah mulai masuk dalam trend luar negeri Korea.Â
Hal tersebut juga menjadi salah satu strategi marketing. Dengan demikian, para fans dari Twice dan Song Joong Ki pasti akan membeli produk Scarlett Whitening yang mana nantinya jika membeli beberapa paket produk akan mendapatkan souvenir Song Joong Ki atau Twice ini. Jadi secara tidak langsung, fans hanya ini mendapatkan souvenir tersebut dengan cara membeli produknya. Â
Selain itu, pemilihan warna background juga sudah sesuai dengan produk atau color pallet dari Scarlett Whitening sendiri. Sehingga iklan tidak merusak mata dengan warna yang kontras. Terlihat juga dari warna pakaian yang dikenakan Brand Ambassador juga selalu senada dengan warna produk Scarlett Whitening.
Untuk tipografi sendiri, menurut saya juga sudah cukup menarik. Karena dalam 1 poster iklan tim Scarlett Whitening menggunakan lebih dari 3 jenis tipografi. Pemilihan tipografi ini juga mudah dibaca sehingga tidak menghilangkan nilai jual produk dan estetika. Tim Scarlett Whitening juga bisa menempatkan dirinya, dimana iklan itu akan dipasang.Â
Contohnya pada iklan tokopedia. Logo atau warna dan tipografi tokopedia adalah hijau. Ketika produk Scarlett Whitening diiklankan di tokopedia makan warna hijau tersebut tidak akan dihilangkan bahkan ditambahkan bentuk hati berwarna ungu yang menandakan bahwa itu produk Scarlett Whitening.Â
Jadi secara tidak langsung tim Scarlett Whitening juga menanamkan brand awareness kenapa masyarakat. Tampilan Instagram Scarlett Whitening juga berkembang mengikuti perkembangan zaman yaitu dengan memperhatikan unsur-unsur estetik dengan pemilihan warna yang soft. Tidak hanya mengajak Song Joong Ki atau Twice sebagai brand ambassadornya.Â
Tetapi tim Scarlett Whitening juga mengajak artis-artis dalam negeri seperti Agnes Mo, Natasha Wilona, Ria Ricis dan beberapa model-model lainnya. Jika diperhatikan, saat ini banyak orang awam yang secara sengaja di endorse dan hanya keinginan sendiri memasarkan produk Scarlett dalam konten yang dibuatnya.Â
Tidak hanya di sosial media Scarlett Whitening saja, namun pemilik dari Scarlett Whitening yaitu artis Felicya Angelista juga turut berpartisipasi dalam memasarkan produknya. Bahkan Felicya Angelista sering mengajak suaminya yaitu Caesar Hito dan kerabat-kerabatnya membuat konten yang secara tidak langsung juga memasarkan produk-produk Scarlet.Â
Kelebihan iklan ini menurut saya, tim Scarlett Whitening sudah menggunakan Brand Ambassador yang tidak nanggung-nanggung. Sehingga langsung mendatangkan girlband dan boyband asal Korea seperti Twice dan Song Joong Ki.Â
Rekomendasi saya, jika tetap menggunakan colour pallet seperti itu. sebaiknya posisi produk atau orangnya bisa diubah-ubah. Sehingga tidak membuat bosan. Selain itu, kemasan atau hampers yang yang dijual di beberapa e-commerce juga harus ada dalam sosial media Instagram Scarlett Whitening.Â
Contohnya beberapa waktu lalu souvenir pernikahan Ria Ricis dengan Teuku Ryan terdapat hampers rangkaian body care milik Scarlett Whitening Kemasan hampers tersebut tidak ada di sosial media Instagram Scarlett Whitening. Hal ini dapat membingungkan pembeli. Bahkan saya baca salah satu komentar netizen ada yang bingung juga. Netizen tersebut mengira apakah hanya di acara tertentu saja yang kemasannya seperti ini atau memang dijual bebas kepada masyarakat umum.Â
Pentingnya menaruh foto atau video kemasan yang akan diberikan kepada masyarakat jika membeli produk-produk Scarlett Whitening. Hal ini dapat menjadi salah satu ide marketing, karena biasanya orang akan membeli suatu produk karena kemasannya yang lucu atau unik. Terlebih jika produk itu sasaran utamanya wanita remaja atau yang baru beranjak dewasa. Karena orang biasanya sebelum melihat produk ke e-commerce, pasti akan liat instagramnya dulu. Ya meskipun di beberapa e-commerce juga sudah menampilkan kemasannya. Contohnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu kemasan hampers souvenir pernikahan Ria Ricis dengan Teuku Ryan. Tidak sedikit juga netizen yang tertarik dengan kemasannya yang simple dan terlihat elegan.Â
Kemudian admin sosial media Scarlett Whitening juga bisa menambahkan harga serta promo atau diskon yang diadakan pada beberapa e-commerce. Supaya masyarakat yang tidak menyalakan notifikasi promo e-commerce mereka, jadi tahu bahwa ada promo atau diskon hanya dengan melihat sosial media Scarlett Whitening. Serta bisa ditambahkan juga infografis terkait kandungan dan penjelasan kandungan di dalam Scarlett Whitening. Sehingga masyarakat juga semakin tereduksi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H