Mohon tunggu...
Benedictus Adithia
Benedictus Adithia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Ben mendefinisikan dirinya sebagai multiplatform storyteller, mencoba mengemas sebuah isu menjadi laporan mendalam berbasis jurnalistik menggunakan pendekatan informasi data sumber terbuka. Follow me on Instagram: @benedictus._

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Daftar Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Muncul dan Cara Menjawabnya!

15 Januari 2024   20:09 Diperbarui: 15 Januari 2024   20:13 471
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sidang skripsi mahasiswa. (Pexels/Pavel Danilyuk)

Pertanyaan Sidang Skripsi - Beberapa waktu belakangan ini, hidup saya seakan dipenuhi oleh ketegangan dan kekhawatiran yang tak terelakkan. Setelah melalui perjalanan panjang sebagai mahasiswa, tantangan terbesar pun menanti, yaitu sidang skripsi. 

Suatu momen yang saya rasa sulit untuk saya lupakan. Ketika itu, seolah-olah ada tanggung jawab berat yang harus saya buktikan di hadapan dosen penguji.

Sidang skripsi merupakan langkah terakhir dalam perjalanan akademik saya. Proses ini saya gambarkan sebagai sebuah ujian sejauh mana saya memahami dan mampu mempertanggungjawabkan naskah akademik yang telah saya susun dengan susah payah. 

Tak bisa dipungkiri, saya merasa tegang dan penuh kekhawatiran ketika menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para dosen penguji.

Merespons hal tersebut, saya ingin berbagi pengalaman dan pemahaman saya mengenai beberapa pertanyaan sidang skripsi yang sering muncul dan bagaimana cara untuk menjawabnya. 

Semua ini saya pelajari dari pengalaman pribadi dan merangkum dari beberapa pengalaman senior dan teman sejawat. Saya harap artikel ini dapat menjadi panduan berguna bagi rekan-rekan mahasiswa yang tengah bersiap menghadapi sidang skripsi.

Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Muncul

Melihat dari pengalaman pribadi dan merangkum beberapa pengalaman teman sejawat, berikut ini adalah beberapa pertanyaan sidang skripsi yang sering muncul:

1. Apa alasan Anda melakukan penelitian ini?

Tujuan Pertanyaan: 

Penguji ingin memahami latar belakang dan motivasi di balik pemilihan topik penelitian.

Cara Menjawab:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun