Mohon tunggu...
Benedictus Adithia
Benedictus Adithia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Ben mendefinisikan dirinya sebagai multiplatform storyteller, mencoba mengemas sebuah isu menjadi laporan mendalam berbasis jurnalistik menggunakan pendekatan informasi data sumber terbuka. Follow me on Instagram: @benedictus._

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

Tidak Hanya Rekam Jejak, Ini Mengapa Program Kerja Partai Harus Jadi yang Utama!

12 Oktober 2023   19:26 Diperbarui: 17 Oktober 2023   11:00 299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi partai politik.(Ilustrator: Kompas.com/Andika Bayu Setyaji)

Pemilihan legislatif tahun 2024 tinggal menghitung bulan. Sebagai seorang pemilih pemula yang pernah merasakan pesta demokrasi pada tahun 2019, saya kini berdiri di kesempatan kedua saya dalam mengikuti proses demokrasi ini. 

Dalam beberapa tahun terakhir, saya semakin memahami betapa pentingnya peran politik dalam kehidupan sehari-hari kita. 

Namun, kali ini, saya merasa perlu untuk lebih selektif dalam memilih partai politik yang akan saya dukung. Bagi saya, program kerja partai menjadi pertimbangan utama sebelum melihat rekam jejaknya, dan dalam tulisan ini saya akan menjelaskan mengapa begitu.

Pentingnya Program Kerja

Saat kita berbicara tentang pemilihan politik, pertanyaan pertama yang muncul adalah: 

Mengapa program kerja menjadi begitu penting? 

Bagi saya, jawabannya sederhana: 

Program kerja adalah panduan yang akan mengarahkan perubahan dan perbaikan dalam masyarakat. Kalau hanya dari rekam jejak, rasanya saya menutup pintu untuk memilih wajah-wajah baru yang punya kemungkinan membawa perubahan besar.

Sebagai pemilih pemula, saya merasa program kerja adalah fondasi yang harus dipertimbangkan. 

Sebelum kita bisa memahami rekam jejak sebuah partai, kita perlu tahu apa yang mereka usulkan untuk dilakukan. Apa visi mereka? Apa agenda prioritas mereka? 

Program kerja partai. (ilustrasi kolaborasi dengan AI Canva)
Program kerja partai. (ilustrasi kolaborasi dengan AI Canva)

Bagaimana mereka akan mengatasi masalah-masalah lingkungan, lapangan pekerjaan, biaya pendidikan gratis dan hal lain yang kita hadapi? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap partai politik yang berkompetisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun