Serupa tapi tak sama, Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) berfungsi untuk mengoptimalkan traffic pengunjung website. Bedanya, SEO dapat digunakan secara gratis, namun penggunaan SEM dikenakan tarif tertentu sesuai dengan pay per click (PPC).
Apakah kamu pernah mendengar istilah SEO dan SEM? Jika pernah, apa yang kamu pahami tentang kedua istilah tersebut?
Singkatnya, SEO dan SEM merupakan salah satu strategi jitu untuk menaikkan peringkat dan traffic website. Artinya, unggahan yang "SEO friendly" maupun yang termasuk SEM akan lebih mudah ditemukan, dicari, dan dibaca oleh publik.
Strategi yang digunakan yakni dengan memaksimalkan kata kunci untuk pencarian postingan.Â
Perlu diketahui bahwa pengoptimalan terhadap mesin pencarian Google begitu penting, lho! Unggahan yang berada di peringkat pertama, menuai kunjungan sebanyak 43%. Menarik bukan? Â
Kamu juga bisa memanfaatkan strategi ini sebagai strategi bisnis dan promosi.Â
Untuk memahami lebih dalam terkait SEO dan SEM, mana strategi yang lebih jitu dan efektif? Mana yang lebih baik untuk bisnis? Baca artikel ini sampai habis ya!Â
Apa itu SEO?
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan alat optimasi pencarian sehingga menaikkan peringkat suatu web tanpa dikenakan biaya sepeserpun.Â
Kamu dapat mempelajari strategi atau teknik ini secara otodidak, lho!Â
Unggahan yang SEO friendly mampu menargetkan lebih banyak pembaca karena lebih mudah ditemukan. Beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti memaksimalkan kata kunci, link building, interaktivitas web, hingga penggunaan media sosial yang akan memperbanyak web milikmu muncul pada layar pembaca.