Mohon tunggu...
Benedectine Dicha
Benedectine Dicha Mohon Tunggu... -

Mahasiswi FISIP UAJY'15

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Multimedia Digital Masa Kini

30 Januari 2018   09:32 Diperbarui: 3 Februari 2018   09:56 2013
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan internet di era digital sekarang ini sangat mempengaruhi industri media di dunia. Selain itu, perubahan media tradisional ke digital juga mempengaruhi dunia pendidikan sekarang ini dan dunia hiburan lewat berbagai aplikasi. Cepatnya arus perubahan media era digital ini juga menimbulkan perubahan pesat dalam peningkatan konten multimedia.

Pengertian Multimedia dan Media

Apa itu multimedia? Kita akan ulas satu per satu lewat penjelasan berikut ini. Multimedia,  dari kata "multi" yang artinya gabungan dan "media" memiliki arti suatu alat dalam menyampaikan informasi. Jadi multimedia merupakan suatu kombinasi media dari konten informasi hingga proses dalam membuat informasi ( contohnya suara, tulisan, gambar, video,animasi, dan grafik ) untuk menyampaikan informasi dan menghibur pengguna media.

Lalu, apa arti dari media? Media merupakan suatu alat yang digunakan untuk merepresentasikan atau melakukan suatu hal tertentu, mengirimkan medium, atau bentuk komunikasi massa, seperti koran, majalah atau televisi. Media juga memiliki arti alat distribusi dan presentasi informasi, seperti tulisan, gambar, musik, suara , dan lain sebagainya.

Kategori Multimedia

Penjelasan lebih jauh, multimedia memiliki beberapa kategori yang terdiri dari linear dan non-linear. Suatu projek multimedia ketika diidentifikasi tidak interaktif dan pengguna tidak memiliki kontrol lebih terhadap konten yang dipertontonkan, contohnya sebuah film dan menonton demo. Sedangkan dikatakan projek multimedia jika interaktif, pengguna bisa ikut mengontrol konten media yang dipertontonkan, dan pengguna memberikan kontrol navigasi seperti salah satu contohnya adalah sebuah games.

Multimedia memiliki peran penting dalam dunia bisnis (mempresentasikan sales atau marketing), pendidikan (mencari informasi di internet), hiburan (film jumanji in the jungle, games mobile legend), rumah(program televisi; Indonesia Idol, Dahsyat Musik dengan mengirimkan SMS Interaktif, dan lain-lain) , dan tempat publik (ATM dan CCTV).

Nah, tadi beberapa penjelasan mengenai multimedia dan media secara sekilas. Berikut beberapa produk dari multimedia, seperti produk pengarahan, produk referensi, database referensi, produk pendidikan dan pelatihan, hiburan dan games. Multimedia juga dapat diaplikasikan dalam industri media. Lewat industri kreatif, multimedia bisa digunakan untuk jurnalisme, untuk mengkomersialkan games, dan untuk hiburan serta seni.

Aplikasi dan Konvergensi Multimedia

Multimedia juga bisa diaplikasikan dalam industri hiburan melalui film dan animasi seperti salah satunya adalah film Jumanji In The Jungle yang tahun ini rilis dan bisa di tonton di seluruh Indonnesia. Jumanji dipertontonkan dengan apik lewat berbagi animasi seperti hewan-hewan yang berinteraksi dengan manusia di dalam hutan dan mempertontonkan film seperti layaknya bermain dalam video games. Pengaplikasian multimedia dalam dunia pendidikan sekarang ini juga sangat pesat. Salah satunya adalah E-Library yang saat ini digunakan oleh institusi pendidikan tinggi untuk mencari berbagai referensi.

Ketatnya persaingan industri media di era digital ini tentu mempengaruhi konten multimedia. Persaingan yang ketat ini menimbulkan konvergensi media. Konvergensi media menyebabkan media saling terhubung. Salah satu contohnya adalah media Kompas. Media Kompas sangat terlihat sekali dalam melakukan konvergensi media. Tak hanya Kompas TV melainkan juga terdapat Kompas Sonora, Kompas versi cetak dan juga Kompas versi online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun