Mohon tunggu...
BEM FKIP UHAMKA
BEM FKIP UHAMKA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

LEMBAGA EKSEKUTIF FKIP UHAMKA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran untuk Siswa Generasi Alpha

9 Juni 2024   22:17 Diperbarui: 16 Juni 2024   21:57 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Abdilah Rajib Bayuaji (Pendidikan Bahasa Inggris)

Media pembelajaran merupakan sebuah komponen yang digunakan oleh seorang tenaga pendidik dalam berinteraksi dengan siswa dan sumber belajar dalam kelas. Penggunaan media belajar ini disesuaikan dengan kebutuhan. Kurikulum dan perkembangan juga menjadi faktor dalam perkembangan media belajar. Implementasi Kurikulum Merdeka juga berdampak dengan penggunaan media belajar yang sesuai. Penggunaan media belajar visual merupakan media yang fokus terhadap dalam aspek penglihatan. Media ini masih relevan, sehingga tetap digunakan dalam pembelajaran oleh tenaga pendidik. Terutama dengan generasi alpha yang sudah dikelilingi oleh media seperti handphone dan televisi, dimana mereka akan cepat menagkap informasi yang diberikan. Pendidik harus beradaptasi dengan penggunaan media visual dalam pembelajaran untuk siswa generasi alpha karena mereka tumbuh di era digital yang penuh dengan interaksi visual yang dinamis. 

Media visual seperti video, animasi, dan infografis dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, memudahkan pemahaman konsep abstrak, serta mendukung pengembangan keterampilan abad 21 seperti literasi digital, berpikir kritis, dan kreativitas. Selain itu, media visual sesuai dengan gaya belajar visual dan kinestetik siswa memungkinkan akses ke sumber daya pendidikan yang lebih luas, serta memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Dengan mengintegrasikan media visual, pendidik dapat memastikan materi lebih mudah diingat dan diaplikasikan, sehingga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks dan digital. 

Penggunaan media visual dalam kelas mencakup berbagai alat seperti video, animasi, diagram, infografis, dan presentasi digital untuk menyampaikan materi pelajaran dengan lebih efektif dan menarik. Media visual dapat membantu menjelaskan konsep-konsep abstrak, membuat informasi lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa. Video pendidikan misalnya dapat menggambarkan proses ilmiah yang kompleks atau menampilkan wawancara dengan ahli di bidang tertentu, sementara animasi dapat menunjukkan mekanisme kerja sistem biologis atau prinsip-prinsip fisika. Infografis dapat menyajikan data statistik dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. 

Penggunaan media visual dapat meningkatkan keterlibatan siswa, karena memberikan variasi dalam metode pengajaran dan membuat pelajaran lebih interaktif. Ini juga memungkinkan pendidik untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam di dalam kelas, karena beberapa siswa mungkin lebih mudah memahami informasi melalui gambar dan video dibandingkan teks tertulis. Dengan demikian, media visual menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran. 

Peran pendidik dalam memanfaatkan media visual di kelas sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pendidik bertindak sebagai perancang dan fasilitator yang memilih dan mengintegrasikan berbagai jenis media visual seperti video, animasi, diagram, dan infografis untuk menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dan abstrak. Dengan menggunakan media visual, siswa dapat membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Selain itu, pendidik perlu memastikan bahwa media visual yang digunakan relevan, tepat sasaran, dan mendukung tujuan pembelajaran. Mereka juga harus mampu mengarahkan diskusi dan aktivitas kelas yang berhubungan dengan media visual tersebut, serta memberikan panduan kepada siswa dalam menginterpretasikan dan mengaplikasikan informasi yang diperoleh. Dengan memanfaatkan media visual secara efektif, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan serta gaya belajar siswa generasi digital. 

Penggunaan media visual dalam pembelajaran menawarkan berbagai alat yang dapat membuat materi pelajaran lebih efektif dan menarik. Alat-alat ini, seperti video, animasi, diagram, dan infografis, membantu menjelaskan konsep-konsep abstrak, mempermudah pemahaman dan daya ingat siswa, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Media visual juga dapat memenuhi kebutuhan belajar yang beragam, karena beberapa siswa lebih mudah memahami informasi visual dibandingkan teks. Pendidik berperan krusial sebagai perancang dan fasilitator yang memilih serta mengintegrasikan media visual dengan tepat untuk mendukung tujuan pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media visual dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran, serta membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun