Mohon tunggu...
BEM FEM IPB
BEM FEM IPB Mohon Tunggu... Mahasiswa - BEM FEM IPB

Organisasi Mahasiswa IPB

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Community of FEM Entrepreneurs (COFFEE) 2022

6 Juli 2022   17:54 Diperbarui: 6 Juli 2022   18:07 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BEM FEM IPB University memiliki sejumlah komunitas yang mendukung minat dan bakat mahasiswa, salah satunya adalah Community of FEM Entrepreneurs atau yang lebih dikenal dengan singkatan Coffee. Coffee merupakan sebuah komunitas bagi KM FEM yang memiliki minat dan passion di bidang kewirausahaan.

Menariknya, komunitas ini bukan hanya terbuka untuk mahasiswa yang sudah memiliki bisnis, melainkan juga untuk mahasiswa yang belum memiliki bisnis dan memiliki niat untuk belajar. Coffee tahun ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei dengan mengangkat tema “How to Have An Entrepreneur Mindset in VUCA Era” dan membuka 3 kelas mentorship, yaitu Fashion-Preneur, Service-Preneur, dan Food & Beverage. 

“Dengan adanya perubahan dan ketidakpastian yang terus menerus, diperlukan mindset yang tepat sehingga mahasiswa bisa terus berinovasi dan mencari peluang bisnis,” jelas Fatim terkait tema acara yang dipilih Coffee 2.0.

Selain kegiatan mentorship, Coffee juga mengadakan rangkaian lainnya, seperti Gabfest, Speed Dating, dan FEM Entrepreneurs Day yang bekerja sama dengan TDA Kampus Bogor Raya. Gabfest merupakan kegiatan webinar and training yang dilaksanakan dua kali dengan mengundang pemateri berpengalaman dalam dunia bisnis. Kemudian, Speed Dating merupakan wadah bagi peserta COFFEE yang sudah memiliki bisnis untuk mempraktekkan ilmu yang didapat serta mempromosikan bisnis yang dimiliki pada para panelis (mentor). Pemenang akan mendapatkan fasilitas mentoring berkelanjutan dengan mentor. Sedangkan, FEM Entrepreneurs Day merupakan acara apresiasi kepada mahasiswa FEM IPB University yang sudah memiliki bisnis. Acara apresiasi ini bermaksud untuk meningkatkan motivasi para mahasiswa untuk berani memulai dan melanjutkan bisnis mereka.

Secara keseluruhan, Coffee berhasil mengumpulkan 362 partisipan dan mengajarkan materi tentang Professionality, Design Business, Networking, Brainstorming & Designing New Business, Business Feasibility Study, Marketing Management, Human Resource Management, Strategic & Risk Management, Financial Management, Negotiation, E-business, Team Management, Business Process Analysis, dan Digital Marketing. 

Departemen Ekonomi Kreatif BEM FEM selaku penggagas dan pelaksana dari program Coffee ini berharap bahwa komunitas ini dapat mengembangkan potensi kewirausahaan mahasiswa FEM IPB dan menyukseskan target dekanat Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), yaitu menciptakan 100 studentpreneur yang berasal dari Keluarga Mahasiswa FEM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun