Mohon tunggu...
Bellawati Emangati
Bellawati Emangati Mohon Tunggu... Freelancer - Pelajar/ Mahasiswi

Hallo, Perkenalkan nama saya Bellawati Emangati. Dari fakultas ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Marketing Wizzmie dalam Bersaing dengen Kompetitor

18 Januari 2024   15:11 Diperbarui: 18 Januari 2024   15:24 494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Usaha kuliner memang sangat di gemari oleh kalangan masyarakat yang akan memulai usahanya karena dirasa dengan modal yang relatif murah dengan omset yang menjanjikan. Dilansir dari Bps.go.id peningkatan UMKM di bidang kuliner meningkat sebesar 30% pada tahun 2019 dan pada tahun 2023 mencapai 50% wirausahawan baru dalam bidang kuliner, selain itu pada masa pandemi umkm kuliner dan umkm lainnya sebagai penyumbang angka PDB terbesar dan sebagai penopang ekonomi Indonesia saat ini dan di masa pandemi.

Kini seluruh perusahaan di dunia sudah beralih secara berangsur-angsur dengan menggunakan teknologi internet. Pemanfaatan kemajuan teknologi serta peluang usaha yang ada di manfaat oleh industri kuliner bernama Wizz Mie.

Wizz Mie adalah resto baru yang buka pada tanggal 24 Juli 2022, namun sukses membikin geger warga Surabaya karena konsep yang diusung Wizz Mie sangat matang. Pada hari pertama buka, Wizz Mie berhasil mencapai 1000 jumlah transaksi, tidak hanya itu dalam waktu kurang dari 24 jam konten wizz mie di sosial media mendapatkan jumlah penonton sebanyak 450.000 lebih di platform TikTok.

Keberhasilan Wizz Mie membuat geger warga Surabaya pada awal buka karena ada branding agency yang digandeng, yaitu FULLSTOP Indonesia sebagai branding agency nya. Riset menu,target pasar, kisaran harga, hingga perilaku pasar, FULLSTOP berperan di dalamnya.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan suatu rancangan yang dibuat oleh perusahaan yang berguna untuk memperoleh tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan semisal untuk meningkatkan omset penjualan suatu perusahaan, didalam strategi pemasaran tersebut terdapat beberapa poin yaitu target pasar, bauran dan budget untuk pemasaran.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap strategi bisnis yang digunakan oleh restoran wizz mie didapatkan bahwa dalam mencapai tujuan perusahaan Wizz Mie telah menggandeng pihak FULLSTOP sebagai branding agency, maka strategi marketing tentu diserahkan kepada team FULLSTOP yaitu dengan menyiapkan segala hal yang dapat menonjolkan identitas Wizzmie dengan gaya pop tahun 80’an seperti seragam karyawan, packaging, nomor meja, dan papan menu. 

Adapun maskot yang dibuat untuk makin menunjukan identitas wizzmie yaitu “Wizzie” yang digambarkan pemuda tahun 80’an yang hobi joget dan nge-mie dan sosok kucing jantan bernama “Chillie” yang manja dan pemalas namun setia dengan Wizzie dan sama-sama hobi nge-mie juga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun