Dalam membangun sebuah bisnis sudah menjadi hal wajar jika mengalami naik turunnya suatu usaha. Usaha ini harus dibangun dengan manajemen yang baik dan benar untuk bisa menjamin keberhasilan usaha tersebut. Selain itu, kita harus memiliki strategi dalam mengantisipasi gangguan dari para pesaing atau penyebar produk tiruan.Â
Seperti apa yang dialami Pak Agun, seorang manajer R&D dan produksi dari PT Heksatamaprima dan tim lainnya. PT Heksatamaprima pernah menghadapi tantangan dan Kendala, yaitu adanya pemalsuan produk dengan kualitas produk yang jauh berbeda dan harga yang jauh lebih rendah. Lalu, bagaimana perusahaan pak agun yaitu PT. Heksatamaprima yang mengalami jatuh bangun dalam mempertahankan perusahaannya?
Nanobet, adalah obat diabetes yang berkualitas. nanobet juga merupakan produk pertama dari PT Heksatamaprima yang viral, dan penjualannya terus meningkat. Penjualan yang bagus, bahkan pernah mencapai 20.000 botol/bulan, sungguh pencapain yang luar biasa dan menjanjikan. Tapi sangat di sayangkan, banyak produk tiruan yang dipasarkan dengan harga jual lebih murah dengan kualitas yang tidak terjamin. Banyak kerugian yang di alami PT Heksatamaprima, dimulai dari pertanyaan konsumen kenapa nanobet ada yang dipasarkan dengan bentuk berbeda? Sampai ada konsumen yang komplain terhadap barang tiruan, dan melakukan komplain ke PT Heksatamaprima.Â
Tak tinggal diam PT Heksatamaprima ingin mencoba melaporkan tindakan tersebut kepada pihak berwenang, namun sayangnya nanobet yang dipasarkan belum memiliki hak cipta dan kepemilikan yang sah dan kuat secara hukum. Â Pada akhirnya, PT Heksatamaprima terpaksa tutup semester hanya untuk membereskan produk palsu tersebut.Â
Dalam masa sulit itu, pak agun dan tim mencoba untuk memblokir akun yang menjual produk tiruan yang jumlahnya sangat banyak. Ketika kondisi sudah membaik dan dirasa sudah yakin dengan kondisi, nanobet kembali dipasarkan, tapi sangat disayangkan kembali permasalahan muncul. Â Konsumen sudah lupa pada nanobet dan sudah banyak produk pesaing yang menjadi kepercayaan konsumen.
Tidak berhenti disitu, mereka mengeluarkan produk Queen Secret Coffee yang menjadi kopi herbal viral dan itu menjadi salah satu titik balik kejayaan PT Heksatamaprima yang disukai masyarakat umum. Dengan strategi pemasaran Digitalisai yaitu melalui tiktok yang sedang viral, Queen Secret Coffee terus mengalami peningkatan penjualan, dan bisa dikatakan stabilitas baik dalam penjualan. Bahkan Queen Secret Coffee, pernah di atas kopi kapal api dalam hal penjualan per-bulan, yaitu di angka 30.000 Poch/bulan. Sangat luar biasa pemasaran yang dilakukan membuat produk stabil meningkat dipasaran. Belajar dari kesalahan sebelum, Queen Secret Coffee di pasar dan sudah memiliki hak kepemilikan dengan izin yang kuat untuk PT Heksatamaprima.Â
Pak Agun juga menyampaikan beberapa poin penting Untuk dapat mengembangkan perusahaan dan menghadapi tantangan yang terjadi, kita sebagai seorang entrepreneur harus mampu:
1.Menjadikan tantangan dan kendala menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis. Karena pada dasarnya tantangan akan membuat kita berfikir lebih luas dan mencoba hal baru untuk keluar dari tantangan tersebut.
2.Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Ini menjadi hal penting karena untuk produk yang diterima konsumen kita harus mengetahui kebutuhan dan apa yang di inginkan konsumen.