Mohon tunggu...
belind hapsari
belind hapsari Mohon Tunggu... -

belindch adalah belinda c hapsari..lebih senang dipanggil belind..beraktivitas sebagai mahasiswa..status masih hidup dari orangtua..suka menyanyi, mengkhayal, membaca, dan menuliskan apa saja..ingin menjumpa mimpi di AGUSTUS 2011

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

KKN #24: Bangganya Menyebut Mereka "Keluargaku"...

29 Juli 2010   22:15 Diperbarui: 26 Juni 2015   14:28 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

*bantul dingin* betapa Tuhan memberikan lebih banyak lagi dari yang bisa aku bayangkan.. aku ditakdirkan sebagai seorang anak tunggal, tidak punya teman sepermainan yang seumuran, jauh dari saudara sepupu yang seumuran..jadi aku tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang sendiri dan selalu sendirian.. hal ini yang bikin aku sering bersikap manja kepada teman-teman..merasa mereka semua adalah keluarga..ngga cowok, ngga cewek..semua aku anggap seperti kakak (atau adek) buatku.. waktu memasuki dunia kuliah, kost, aku merasa bahwa pada akhirnya aku merasakan bagaimana rasanya punya saudara..yaitu teman2 kuliah yang juga mahasiswa perantauan..dan jujur merasa sangat kehilangan dan sedih ketika harus berpisah selama 2 bulan karena KKN.. tapi ternyata Tuhan mempunyai rencana lain..betapa aku ditunjukkan sisi lain dari betapa indahnya memiliki keluarga, saudara, hidup bersama2 dalam sebuah hubungan kasih sayang yang tak terungkapkan.. mereka adalah kesebelasanku yang tinggal dan hidup bersamaku selama 3 minggu dan akan berlangsung sampai 31 agustus nanti.. ada bang irfan, pria yang selalu berperan seperti ayah buat kami..sosoknya yang tinggi besar..logat betawinya..dan pembawaannya yang menjadikan dia seperti abi..apalagi kalau sudah duduk makan bersama dengan sarungnya..hehe..abi juga sangat perhatian..apalagi pada kami para wanita..aku terharu mendengar bahwa abi kebingungan saat kak celpi menangis..aku juga terharu saat melihat abi berdiri di lapangan, mengkhawatirkan ratna yang pingsan.. ada ratna, bu kormanit dari akuntansi yang paling pendiam diantara kumpulan toa2...dan kami (aku,red) merasa bahwa dianya adalah umi kami..hukum berada di tangannya (iya lah!!secara dia adalah kormanit..) aku kagum kadang dia bisa mengerem keinginan kami yang selalu menjunjung tinggi kehura-huraan..asal dia tidak terlibat dalam hura-hura itu, dia pasti bisa melarang kami..tapi kalau udah terlibat ya sama aja sih..heehehehe... trus ada teh nopik..yang seperti kakak perempuan pertama..gimana ya..anaknya ngayomin banget..kalau cerita rame banget dan menggelegar...hahahay...dia seperti kakak yang akan selalu memperhatikan setiap kebutuhanku, apa yang aku inginkan, dan membelikanku ini itu.. kemudian teh uun, yang seperti kakak perempuan kedua buatku..teteh yang rajin bersih-bersih dan tempatku bertanya dimana barang2ku..soalnya dia yang biasanya beres-beresin barang..dia seperti kakak yang akan mendongengiku setiap malam sebelum tidur..mengajakku jalan-jalan dan bercerita tentang banyak hal..mengajariku melakukan banyak hal.. trus ada kak celpi..dia seperti kakak peremlaki (hehehe..) ketiga dari keluarga kecilku ini..penampilannya tomboy..baru2 ini rambutnya dicepakin lagi..badannya kecil dan kalo udah cerita pasti heboh sendiri..dia seperti kakak yang akan selalu jahil padaku tapi juga sayang dan perhatian..dia akan menjadi temanku saat aku ingin melakukan hal-hal yang kelaki-lakian.. ada juga cici..ngga seperti kakak tapi ngga kayak adek juga..nyang satu ini lucu banget anaknya..suaranya kalau lagi nyanyi renyah banget..kalau lagi cerita pasti bisa mendetail..paling pinter niruin gaya orang..berasa melihat langsung kejadiannya..dia seperti teman bertukar pikiran..tempat aku menanyakan banyak hal..belajar banyak hal..karena dia seperti ensiklopedia berjalan..dia temanku bernyanyi dan akan mengajariku banyak lagu yang belum pernah aku dengar.. saudara perempuan trakhir adalah si puput..sama spt cici, dia ngga seperti kakak tapi ngga seperti adek juga..teman menggila dan sama2 penggemar berat abang kami..hahahay..puput agak2 setipe sama aku..dia seperti teman yang akan selalu mengomentari semua penampilanku..dia teman untuk berburu hal-hal yang gila..mengomentari cowok-cowok..tapi dia lawan ejek2an yang ampuh..hehehe.. para pria.. ada aris..dia seperti kakak lelaki tertua..logat ngapaknya yang selalu jadi bahan celaan kami terutama "iyo, Le!" hahahay..dia seperti kakak yang memberikan banyak cerita..menjelaskan banyak hal..kakak yang membantuku menonton banyak film secara gratis..hehehe.. didin..lelaki yang terlihat sangat rajin..lembut banget anaknya..senyumnya itu looh..trus juga baeeek banget..dia ini seperti kakak yang selalu ada saat aku butuh bantuan..apapun itu.. abang dani..dia seniorku di paduan suara..kata anak2 tingkahnya kyk anak2..tapi buatku dia ya seperti abang..mungkin abang yang beda umurnya gak jauh dari aku gitu..(sebenernya dia lebih muda 2 taun dr aku sih..tapi tingkahku juga lebih kekanakan..hahahay) dia ini mungkin seperti kakak yang akan bermain layangan bersamaku..lebih tepatnya kakak yang akan pergi membeli es krim bersamaku..intinya dia adalah kakak yang akan menemaniku pergi kemanapun aku minta..hehehe.. terakhir ada dias si adek..dia pria yang paling pendiam..lebih pediam dari didin yang kalem..tingkahnya yang lucu bikin aku menganggap dia seperti adek..si adek bungsu..tapi adek yang selalu bisa aku andalkan..mungkin saat2 aku merasa dunia ngga memperhatikanku, dia adalah adek yang akan selalu ada buatku..akan bersedia mendengarkan cerita dan keluh kesahku.. entah bagaimana caranya tapi Tuhan telah membuatku mencintai kesebelasan ini dalam waktu singkat..memberiku gambaran2 bagaimana mereka akan bertindak, bagaimana posisi2 mereka jika kami benar-benar sebuah keluarga yang nyata..rasanya aneh kalau tidak melihat salah satu diantara mereka saat sarapan pagi, makan siang atau makan malam dimana biasanya kami berkumpul..rasanya sedih kalau ada yang pamit pergi ke kota..dan rasanya pengen segera kembali ke mereka kalau kebetulan aku sendiri yang ke kota..entah apa yang telah mereka lakukan, tapi mereka sudah menciptakan "rumah" untukku.. terima kasih Tuhan, telah memberiku mereka..keluarga baru yang sangat berarti buatku..dari mereka aku bisa memandang dunia dari sudut pandang yang lain..dari mereka aku belajar untuk berpikir dengan cara yang lain..memandang suatu masalah dengan jalan pikiran yang lain..dengan mereka aku bahagia.. mungkin aku setuju dengan status fb abi irfan..beliau pernah berkata

"Aku bahagia melihat kalian tersenyum dan tertawa.. Tapi aku akan gelisah ketika kalian bersedih dan menitikan air mata."

ternyata aku juga merasakan hal itu..rasa khawatir yang menyenangkan karena tak pernah aku rasakan sebelumnya.. Ya Tuhan...terimakasih telah menggantikan 21tahun kesepianku dengan kehadiran mereka..walaupun mungkin hanya akan aku rasakan selama 2 bulan, tapi setidaknya Kau telah memberikan hal terindah yang pernah aku dapatkan.. terimakasih bang irfan, ratna, celpi, nopik, uun, cici, puput, aris, didin, dani, dias atas semua yang kalian berikan..semoga sisa waktu kebersamaan kita bisa memberikan lebih banyak arti dan pembelajaran untuk kita semua.. aku akan kangen dengan gaya bicaranya abi yang santai dan ketawanya yang menggelegar aku akan kangen dengan gelengan kepalanya umi kalo ngelarang2 aku akan kangen dengan ketawa dan gaya ceritanya teh nopik yang heboh aku akan kangen dengan nada bicaranya teh uun kalo lagi menjelaskan aku akan kangen dengan gaya jejingkrakannya kak celpi kalo lagi cerita aku akan kangen dengan "yoi" nya cici dan ceritanya tentang orang2 aku akan kangen dengan suara cempreng dan "ini" nya si puput aku akan kanyen dengan ngapaknya aris aku akan kangen dengan senyumnya didin aku akan kangen dengan "panjenenganipun sakmeniko nggih kaheula sakedap" nya abang dani aku akan kangen dengan cerita2nya dek dias And I Never thought I'd feel this way And as far as I'm concerned I'm glad I got the chance to say That I do believe I love you -belind- [caption id="attachment_208074" align="alignleft" width="111" caption="abi irfan"][/caption] [caption id="attachment_208110" align="alignleft" width="135" caption="umi ratna"][/caption] [caption id="attachment_208116" align="alignleft" width="135" caption="mas aris"][/caption] [caption id="attachment_208131" align="alignleft" width="110" caption="didin"][/caption] [caption id="attachment_208161" align="alignleft" width="180" caption="teh nopik"][/caption] [caption id="attachment_208171" align="alignleft" width="135" caption="teh uun"][/caption] [caption id="attachment_208183" align="alignleft" width="128" caption="kak celphy"][/caption] [caption id="attachment_209890" align="alignleft" width="135" caption="cici"][/caption] [caption id="attachment_209893" align="alignleft" width="119" caption="puput"][/caption] [caption id="attachment_209899" align="alignleft" width="124" caption="abang dani"][/caption] [caption id="attachment_209900" align="alignleft" width="180" caption="dek dias"][/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun