Mohon tunggu...
Bela Sefiana Prabawati
Bela Sefiana Prabawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - 21 Tahun | Blitar

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Jurusan Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Meningkatkan Keunggulan Bisnis dari Segi Komunikasi di Era Modern

27 Januari 2022   08:59 Diperbarui: 27 Januari 2022   09:04 423
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Manusia adalah makhluk individual, sekaligus sosial. Sebagai makhluk sosial, kita berinteraksi dengan manusia lain. Berkomunikasi. Komunikasi menjadi bagian habitual dari keseharian kita, termasuk dalam berbisnis. Komunikasi bisnis, seperti layaknya bentuk komunikasi lain, mengandung pertukaran informasi. 

Dalam bisnis, proses pertukaran informasi ini tidak hanya terjadi secara internal atau antarindividu di dalam perusahaan atau organisasi, melainkan juga eksternal atau dengan individu, perusahaan, organisasi lain, di luar perusahaan atau organisasi kita. 

Komunikasi bisnis menjadi media untuk memperbaiki praktik-praktik organisasional, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi terjadinya kesalahpahaman untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Komunikasi adalah elemen yang penting untuk membentuk kehidupan bersosial yang lebih baik. Dalam sebuah bisnis, komunikasi menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pencapaian usaha. 

Dengan komunikasi yang baik, pebisnis bisa menjual produk yang dimiliki dengan lebih baik dan juga bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak. 

Dalam kegiatan bisnis, seperti pemasaran pastinya membutuhkan komunikasi yang baik terutama kepada konsumen agar produk yang dimiliki bisa diterima sepenuhnya. Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara verbal dan non verbal. 

Dalam komunikasi terdapat pendapat, ide, gagasan maupun informasi yang disampaikan untuk kepentingan bisnis, misalnya pembuatan strategi bisnis.

Perlu diketahui, saat ini pengguna email terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini dapat menjadi peluang untuk Anda yang menggunakan email marketing karena akan dengan mudah menjangkau audience atau customer. Saat ini sendiri memang tak bisa dimungkiri komunikasi dalam bisnis bergerak menjadi komunikasi secara online yang membutuhkan platform komunikasi untuk membantu komunikasi tersebut berjalan.

Penggunaan email marketing dalam bisnis memang menjadi pilihan yang tepat. Selain saat ini email marketing mudah digunakan dalam bisnis, email marketing juga menyediakan berbagai fitur dan layanan yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun