Mohon tunggu...
James Brown
James Brown Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

I'm a internet lover

Selanjutnya

Tutup

Money

Peran Media Sosial bagi Bisnis

17 Oktober 2014   16:33 Diperbarui: 17 Juni 2015   20:40 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_329500" align="aligncenter" width="519" caption="Media Aocial (Social Media)"][/caption]

Media sosial atau jejaring sosial kini berperan penting dalam pemasaran produk. Tak heran kini banyak bermunculan pekerjaan online seperti social media specialist dan penjual online.
Pekerjaan online kins semakin diminati, terutama jika Anda berniat membuka atau memperluas bisnis maka jejaring sosial merupakan sarana yang cukup penting. Mengingat jumlah penggunanya yang cukup tinggi di Indonesia, kini jejaring sosial memainkan peran yang signifikan dalam proses pemasaran produk.

Seperti dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dari situswww.kominfo.go.id (7/11/2013), pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persen orang menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Nah, apa saja manfaat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram untuk bisnis Anda?

Brand Awareness
Keuntungan membangun kesadaran brand atau merek melalui media sosial seperti yang ditulis Jason Boeis dari exacttarget.com (20/12/2013) adalah penyebaran merek melalui media sosial dapat membuat orang semakin mengetahui atau mengenal produk Anda. Dari sana Anda dapat mengukurbrand awareness atau kesadaran konsumen terhadap produk tersebut dari jumlah fans atau followers dan berapa kali brand Anda di-mention dalam suatu periode di media sosial.

Tidak sembarang orang yang dapat membangun brand awareness. Untuk itu, biasanya perusahaan tertentu membayar pekerja online yang khusus mengurusi hal tersebut yakni social media spesialist, community manager, twitter master, digital media analyst, dan search engine optimization (SEO).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun