Mohon tunggu...
Beni Saputra
Beni Saputra Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Investasi Terbesarmu adalah Perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

5 Peran Penting Internet dalam Kehidupan Saat ini, Bayangkan Hidupmu Tanpa Internet!

7 Juli 2022   14:17 Diperbarui: 7 Juli 2022   14:29 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar Pexels.com/ Pixabay

Sebelum gue ceritain pengalaman gue, ada infomasi menarik nih buat lo. Lagi ada event loh di kompasiana, kali ini Kompasiana bersama IndiHome mengajak siapapun yang mau ikut berpartisipasi untuk menceritakan pengalamannya menggunakan IndiHome. Hadiahnya jutaaan rupiah Loh!

Satu pertanyaan menarik dari gue buat lo, "Apa yang akan terjadi seandainya lo ga pake akses internet sekarang?" Yah, ga mungkin, kan? Kita semua tau bahwa setiap orang sekarang bergantung dan menompangkan hidupnya pada akses internet. Internet mengambil peran penting pada semua sektor dan aktifitas. Jika akses internet terputus maka terputus juga usaha seseorang. Bahkan, Bagi perusahaan besar akan mengakibatkan kerugian yang sangan fantastic. Hingga miliaran rupiah, loh!

Namun, pada artikel ini gue ga mau menceritakan bagaimana peran internet bagi sebuah negara, perusahaan atau lembaga dengan cangkupan yang besar. Gue ingin mulai dari gue dulu, karena jika bagi gue dan lo sangat penting maka bagi sebuah negara pasti sangat berpengaruh.

Dilansir dari laman Cable.co.uk akses Internet sebuah negara yang paling lambat  didunia saat ini dialami oleh negara Turkmenistan, kecepatan internet disana membutuhkan waktu satu hari untuk mengunduh satu file film. Diketahui kecepatannya hanya 0,50 Megabit perdetik (mbps).

Grafik Internet Terlambat Sumber Gambar Cable.co.uk
Grafik Internet Terlambat Sumber Gambar Cable.co.uk

Dibandingkan dengan Indonesia, hal ini sungguh jauh berbeda. Kita di Indonesia hanya membutuhkan waktu 5-30 menit saja untuk mengunduh file film. Untuk kecepatan di negara kita juga sangat baik, kecepatan internet di negara kita 9,58 Megabit perdetik (mbps)/4G. Pencapaian yang sangat baik ini  adalah kerja keras dan loyalitas dari penyediakan akses internet untuk kita pengguna internet.

Salah Satu produk layanan internet  yang gue peke saat ini adalah IndiHome buat dirumah dan telkomsel untuk seluler. Gue udah pake IndiHome selama 4 tahun dan telkomsel selama 7 tahun. Menurut analisis gue selama ini, pelayanan yang baik dan banyak keuntungan membuat gue merasa sangat puas dengan layanan ini.

Dilansir dari wikipedia, IndiHome resmi diluncurkan pada tahun 2015. IndiHome juga merupakan salah satu program unggulan PT. Telkom Indonesia. Kemudian, untuk kartu prabayar telkomsel sendiri sudah ada sejak tahun 1995. Tidak heran jika internet di negara sudah sangat baik seperti sekarang karena selalu mengalami kemajuan.

Nah, bagaimana sih peran internet buat diri kita pribadi? Ada  5 Peran Penting Internet dalam kehidupan saat ini. Peran ini berguna bagi kehidupan pribadi gue dan sudah gue rasakan manfaaatnya.

1. Sumber segala informasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun