Mohon tunggu...
Bayu Ariestya Ramadhan
Bayu Ariestya Ramadhan Mohon Tunggu... Lainnya - loading ...

loading ...

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Storytelling dan Identitas Brand di Era Digital, Hmmm Bisa Gak, Ya?

20 Agustus 2020   16:00 Diperbarui: 18 November 2021   09:41 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Storytelling sebagai strategi jangka panjang untuk membangun identitas brand

Beberapa minggu yang lalu saya abis ikutan training mengenai storytelling dari kantor, jadi saya pengen sharing ke teman-teman semua, mana tau bisa bermanfaat.

Cekidot yuk gan.

Apa itu storytelling

Secara sederhana, storytelling adalah aktivitas menceritakan suatu cerita yang memiliki alur kepada orang-orang di sekitar kita.

Ok, pada definisi di atas sudah disebutkan salah satu komponen utama dalam storytelling. Lalu ada lagi ga ya komponen storytelling lainnya. Pada umumnya komponen yang terdapat dalam storytelling adalah:

Elemen Storytelling

  1. Tokoh
  2. Setting
  3. Alur
  4. Konflik
  5. Resolusi

Ini kalo dibahas secara mendalam satu-satu lumayan panjang gan, hehe. Intinya poin-poin di atas udah cukup menjelaskan sih emoticon-Wink

Tapi ada satu yang saya catet, kalo konflik itu bukan yang seperti ada anak sama ibunya berantem karena rebutan tanah ... bukan gan, itu bukan konflik...

Jadi konflik itu secara lebih luas adalah kita menawarkan suatu ide gagasan yang anti mainstream, jadi akan bertolak belakang dengan apa yang dianggap sebagai sesuatu yang lazim di masyarakat. Nah perbedaan inilah yang nantinya akan menjadi suatu konflik yang harus diselesaikan (resolusi). Kurang lebih begitu gan.

Brand Identity

Bahasan selanjutnya adalah apa itu identitas merk, atau identitas brand, atau brand identity ?

Ini saya kutip dari jurnal dot id yaa:

Brand identity atau identitas merek merupakan segala bagian yang membentuk persepsi orang terhadap suatu brand. Ada berbagai elemen dalam brand identity yang digunakan untuk menyampaikan karakter, komitmen, dan nilai dari produk agar lebih dikenal oleh konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun