Mohon tunggu...
Bayu Alfianur
Bayu Alfianur Mohon Tunggu... -

Bayu Alfianur dari kotim , membidang politik dan teknologi serta perdagangan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Satelit Telkom-3s, Membangun Ekonomi Desa Digital untuk Indonesia Maju

13 Februari 2017   11:45 Diperbarui: 13 Februari 2017   11:55 1245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomo Digital di indonesia

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat serta menuju Masyarakat digital (digital society) akan mewarnai masyarakat dalam terus melakukan akses internet super cepat yang hampir dilakukan setiap detik. realitas hidup di abad 21 menjadikan Indonesia adalah contoh bagaimana komunitas digital mengubah banyak sektor dalam kehidupan. Tujuan program Jelajah Angkasa harus seperti burung garuda yang bisa terbang tinggi menjelajahi seluruh kawasan nusantara dari sabang sampai merauke papua maupun mancanegara menjadikan kedaulatan Republik Indonesia semakin tegak berdiri salah satunya, yang akan membawa masyarakat dalam dunia perkembangan teknologi yang semakin pesat dan maju, semua masyarakat Indonesia lama kelamaan akan beralih ke jaringan yang dapat mempermudah akses internet mereka yang digunakan. 

Mengenai industri ini memang tidak semata membicarakan jual beli barang dan jasa via internet. Tetapi ada industri lain yang terhubung di dalamnya. Seperti penyediaan jasa layanan antar atau logistik, provider telekomunikasi, produsen perangkat pintar, dan lain-lain. Hal inilah yang membuat industri e-commerce harus dikawal agar mampu mendorong laju perekonomian nasional.

Menghadirkan Masa Depan Bangsa Lewat Interaksi Digital pita lebar jaringan satelit Telkom 3s dan informasi yang telah dimulai saat ini, seluruh desa di Indonesia dapat saling terhubung dengan internet cepat. Dalam usaha mempercepat pembangunan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang berbasis digital, terdapat tiga hal yang harus dilaksanakan. Pertama, pembuatan fasilitas pengembangan desa berbasis teknologi informasi (TI). Kedua, memiliki karakter yang efisien (cheap), dan ketiga hasil pelayanan yang lebih baik (better). Membangun channel antara sistem platform logistik dunia, dengan produk-produk yang berada di kampung-kampung, yang berada di desa-desa bisa di pasarkan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) berbasis digitalisasi.

Berbicara tentang desa, berarti berbicara tentang 160 juta warga desa dari 74.754 desa yang ada di Indonesia. Sekitar 80 persen teritori Indonesia dapat dikembangkan melalui pariwisata, ekonomi, sosial, budaya dan bidang-bidang lain melalui pengembangan kemandirian desa secara ekonomi digital.

Pembina Relawan RTIK kalimantan tengah kepada masyarakat desa
Pembina Relawan RTIK kalimantan tengah kepada masyarakat desa
Bayangkan, Apabila saat ini perluasan jaringan dengan cara kekuatan satelit telkom 3s oleh Telkom menjangkau kawasan se-indonesia. Maka Revolusi teknologi digital yang terbarukan untuk mendukung masa depan bangsa dapat terlaksana dengan baik. Saat ini agen informatika desa telah merambah di 34 provinsi dan 138 kabupaten dari 514 kabupaten terdapat lebih dari 74.000 desa di seluruh Indonesia dari 26 persen di antaranya masuk dalam kategori tertinggal. Sebanyak 11 persen di antara desa tertinggal itu memiliki akses telekomunikasi yang sudah baik.

Telkom 3S sebagai upaya pemerataan akses telekomunikasi yang menjangkau seluruh nusantara, khususnya wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil). Dengan diluncurkannya satelit baru andalan Telkom Indonesia, masyarakat Indonesia dapat semakin kuat berinteraksi digital. Dan bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Satelit Telkom 3S didesain untuk dapat melayani siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, serta broadband internet.

Sebagai bagian dari masyarakat digital, Desa bersama masyarakat nya harus bisa memanfaatkan secara positif teknologi untuk kemajuan kehidupannya. internet inilah diharapkan desa di Indonesia harus bisa bersuara, dikenal potensinya dan semakin berdaya secara ekonomi, sosial budaya, pendidikan untuk kemajuan masyarakat dan Indonesia di ranah global. memperbaiki segala aspek cakupan, kapasitas, dan kualitas layanan.Telkom 3S adalah satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia. Satelit ini ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi.

skema peluncuran telkom 3s pada 2017 ini
skema peluncuran telkom 3s pada 2017 ini
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan geografis yang unik, terdiri dari ribuan pulau dan pegunungan yang sulit dijangkau oleh sistem komunikasi terrestrial maupun serat optik. Karenanya, sistem komunikasi satelit merupakan solusi tepat yang mampu menjangkau area terluar, terdepan, dan terpencil. Dengan kata lain, sistem komunikasi satelit merupakan satu- satunya pemersatu wilayah nusantara. Dan serta Manfaatkan juga berbagai fasilitas jejaring sosial telekomunikasi khususnya dari relawan teknologi informasi dari pemerintah ataupun komunitas pengembangan dan pemanfaatan ekonomi digital ini harus ada kontribusi dukungan dari pihak Telkom (Persero) Tbk dalam membangun internet cerdas dari Desa serta mengadakan pelatihan kewirausahan untuk masyarakat desa serta terwujudnya SmartCity/ SmartVillage Tidak Hanya Ditentukan oleh Kota/Desa Itu Sendiri, Tapi Perlu adanya kerjasama dengan berbagai pihak. Menghambat potensi pertumbuhan e-commerce di Indonesia?  Berdasarkan ada tujuh isu, Yaitu pembangunan ekonomi berbasis digital desa yang belum merata seluruh indonesia, pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, logistik, serta edukasi dan sumber daya manusia. Isu-isu tersebut harus dikerjakan bersama-sama dengan lembaga terkait agar menghasilkan kebijakan yang komprehensif dan tersinkronisasi.

Peningkatan pemanfaaan aplikasi digital ini terus didorong untuk mendukung kemajuan perekonomian. Dengan populasi dan produk domestik bruto (PDB) terbesar di Asia Tenggara, Indonesia merupakan pasar potensial bagi sektor ekonomi ini.Komunitas digital saat ini jauh lebih besar daripada transformasi di sektor perbankan, pendidikan, pertanian dan layanan pemerintah. Kita akan melihat Indonesia di masa depan sebagai masyarakat melek digital, dan penggerak utama proses ini adalah kelompok usia milenial.

Pengguna Internet di Indonesia
Pengguna Internet di Indonesia
Saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta dengan populasi sebanyak 260 juta penduduk dan sekitar 79 juta orang indonesia tercatat aktif di media sosia. Selain e-commerce, pasar ekonomi digital di Indonesia mencakup sektor finansial, internet of things (IoT), dan penyedia jasa daring.

Potensi pengembangan ekonomi dan sosial budaya di masa mendatang, akan semakin luas dengan makin banyaknya masyarakat pengguna internet. Kemajuan bangsa bisa diwujudkan melalui digitalisasi ekonomi kreatif berbagai sektor bisnis, meliputi digital bidang pariwisata, bidang pertanian, bidang transportasi, bidang perbankan dan bidang maritim & logistik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun