Bayu Aditya Pratama

Dongeng

Rada Anu Kalo...

21 September 2012   12:42 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:03 1002
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum dulurr….. halooo….

walopun cuman pake kaos oblong plus celana kolor, malam ini gue akan cerita salah satu pengalamn yg kayaknya akan terus nampol dipikiran gue… walopun sebenernya ini adalah sebuah hal yang tabu untuk diperbincangkan, namun akan kita kupas secara tajam setajam…. stop! plis stop. ini egk nyambung. fokus.
file foto sebesar 2gb kesimpen di hp gue. folder dengan nama “BALIFORNIA”. berisi file foto yg diambil dg canon SLR 550D. iya, walopun sebenernya cerita kali ini egk se-indah nama folder tersebut.
nahh…. ini cerita ttg pengalaman gue… postingan kali ini akan mengupas secara tajam pengalaman pertama gue pergi ke BALI coy…PULAU BALI…. iya bener PULAU DEWATA BALI~… yg jaraknya sekitar 2058km dari tempat gue ngetik postingan ini…
namun ini jauuuuuuuuuuuh kalo dibilang cerita MAcHO kayak di ftv ftv gitcuu..
justru ini Rada Anu ketika gue ceritain ke orang lain…. karena…
Jadi gini.. *musik serem*
Semua berawal pada bulan februari yang damai sampe datanglah sepucuk surat dari kertas burem berbau khas dengan kop lambang jawa tengah dengan tulisan Dinas Pemuda blablabla gue gak apal, yang isinya pemberitahu-an (jangan harap ini pembagian sembako atau tahu gratis ya) tentang rencana sekolah buat ngeadain acara Study Tourke Bali. iya ke Bali.
JEDEEEEERRR !!!!
kelas mendadak heboh, anak anak mulai menggelinjang sambil sorak sorak lalalayeyeye. gue bingung. gue melongo kaya kebo. mungkin karena seketika kebelet boker. entah. seolah berjuta pertanyaan timbul dalam benakku.. ”ini dimana !? aku siapa !? pacarku siapa !? kenapa sampe sekarang masih single ?!” okesip ini melenceng. fokus. #sikap
semenjak datengnya surat itu, tidur gue egk nyenyak, makan egk kenyang, mandi egk basah tapi entah kenapa sabun dikamar mandi cepet abis. gue bimbang… anak anak lain pada seneng akhirnya ada acara piknik ke Bali, tapi takdir berkata lain… gue egk tertarik. hmm.. ini egk bener. seolah Hanung Bramantyo gagal ngebuat gue tertarik dg indahnya pulau Bali dan putihnya bule yg lagi panasan, lewat felem felemnya.. spontan gue lsg ke dukun setempat buat nanyain taraf kewarasan gue. hmm…

#ceksennQuoteRada Anu ketika kita egk tertarik terhadap suatu yg jelas jelas hal tersebut adalah hal yg menarik..

gue konsultasi ke orang tua. mereka nyuruh gue ikut. hmm ini beneer bener rada anu..
3 hari kemudian setelah beredarnya surat burem seburem 3gp milik Ariel, diadainlah pertemuan. semua anak kelas XI dikumpulin dalam satu ruangan. gue ambil posisi duduk paling depan berharap dapet pencerahan dan dapet ketarik buat ikut ke Bali, sukur sukur dapet snack yg egk abis dimakan pembicara.
sejaman kita nunggu, akhirnya muncullah sesosok pria yg kita pikir itu adalah kemunculan sesosok makhluk astral. badannya egk besar, kulitnya item, dan perawakannya rada anu… mirip Sutan Bhatugana. usut punya usut orang itu adalah pimpinan biro yg bakal kita pake. semua terdiam. semua mlongo kaya kebo. seketika hening menyeruak. sayup sayup terdengar Ikang Fawzy lagi nyanyi On-Clinic yg isi lagunya tentang On-Clinic yg bisa mengatasi impotensi dan ejakulasi dini. seketika gue joget. gue kalap. #sikap
orang asing itu punya nama bapak H. *a***t*. seorang item dengan aksen zimbabwe.
*np slipknot - sulfur*
okesip. mari kita mulai panggil dia dengan “sebut saja bunga”. nahh si bunga ini dateng dengan nenteng tas gede banget. mungkin isinya parfum, entah daftar kreditan ato mungkin juga isinya korban mutilasi. entah…entah isinya.. cuman Tuhan dan dia yg tau.. wallahualam bissoap.. yg kita tau cuman salah satu isi dari tas itu adalah sebuah laptop. dengan gagahnya, dia ngebuka laptopnya. dia nyalain. *5 menit kemudian…* *45 menit kemudia….* *1 jam kemudian…* kita mimisan. iya mimisan. gara gara nungguin laptop nyala garagara bukan quick start. pffft. emang.
okesip. kita skip soal apa yg dibawa si bunga.
*np paramore - ignorance*
dengan mantap, si bunga buka presentasi powerpointnya jelasin satu satu kek sales parfum yg lagi kejar setoran. satu persatu wahana dijelasin sama si bunga… sampe pada satu titik, si bunga ngebuka slide tentang apa yang bakalan jadi rumah kita selama 5 hari. ini bagian yg amat krusial. slide demi slide dia bacain. kita semua terdiam. semua terpana. sayup sayup kembali terdengar nyanyian On-Clinic. iya Ikang Fawzi. kali ini lebih jelas. pfffft. emang.
singkat cerita karena kelas gue merupakan kontingen paling banyak dan anak anak kelas gue egk percaya sama semua omongan bunga, kami ngebuat sebuah perjanjian….
“kami atas nama ikatan pelajar BERMARTABAT dan punya HARGA DIRI mengajukan Tritura”. jan harap gue mau ngejelasin. isi TRITURA :
1. kami mau kelas kita ngedapetin bus yg paling laik jalan sebagai kendaraan kami.
2. kami mau hotel tempat kita nginep nanti adalah hotel yg layak inap.
3. kami mau tambahan jatah makan pas perjalanan pulang. (jan mikir macem macem kalo kita kelas karet, karena jadwal kepulangan bisa molor)
okesip. setelah kami mendebat kaya bedebah, akirnya si bunga janji buat nyanggupin tuntutan kami. hmmm gue lega. anak anak lega. Ikang Fawzi ikutan lega. akhirnya fix, gue ikut. daripada ketinggalan cerita kalo anak anak lagi ngobrol ttg Bali. anak anak seketika semakin menggelinjang hingga orgas…… stop! ini harus stop! fokus. anak anak serentak joget joget alay lalalyeyeye karna tau kalo gue akhirnya ngebuat keputusan buat ikut. gue terhenyak. Ikang Fawzi ikutan terhenyak. oke persetan dg Ikang Fawzi. gue merasa terharu.. air mata tak sanggup lagi tertahan… kita semua saling pelukan. stop ini jijik-_-
***
akhir maret, dua hari sebelum keberangkatan, ada pengumuman lewat speaker kelas bahwa semua peserta study tour sepulang sekolah untuk lagi lagi dikumpulin. kami bingung. setelah masuk ruangan gue kaget !
JEDEEEERRRR !!
sesosok makhluk astral bunga udah duduk manis didepan mikrophone. ini emang rada anu karena gue egk liat ada peralatan karaoke disitu. dengan aksen zimbabwe tapi kali ini si bunga egk bawa tas gedenya, dia tampak lesu. namun gue curiga ada suatu modus dibalik wajah lesunya. #kode
dan…. dugaan gue bener. dia nyampein kalo keberangkatan kita diajukan satu hari. pffft. emang. gue mendadak kebelet pup. persetan dengan pup, semua perjanjian kita diujung jalan~ *muncul agnes monika* (loh kenapa ada agnesmo dicerita ini). semua kacau. dia nyampein kalo semua perangkat keberangkatan berubah-_- nahloo… gue berasa lagi diPHPin sama bapak bapak-____-
bunga somprett !
gue segera pulang dan nyampein ke orang tua. mereka biasa aja. mereka stay woles en selow..
***
malam hari keberangkatan, gue nyiapin lemari buat ngebawa pulang bule yang ada di Bali. iya buat gue pamerin ke orang orang sekampung kalo gue baru dari Bali.
HARI PERTAMA.
setelah udah siap, gue salim sama ibuk, bapak, mas. gue cuss berangkat. setibanya disekolahan gue shock !! gue panik sepanik paniknya panik. 5 bus terparkir di depan sekolahan. 4 bus gede, 1 mikro bus. pfffft. emang. dari keempat bus itu cumqn ada 1 jenis jetbus. gue panik. gue gelisah tapi tante tetep aja girang. 5 bus itu adalah :
1 jetbus, 1 mikrobus, 3 nukleus3. MODARRR !! kelas kita malahan kebagian bus nukleus3.ANJEEEEEEEEENGGG !! kita langsung nguber si bunga. kita mau kejelasan tentang perjanjian diantara kita. namun, si kampret bunga ilang bak ditelan bumi. kita marah. kepala kita keluar tanduk.
kita mutusin masuk masjid sekolahan buat sholat dhuha dan sholat safarr buat minta keselamatan kepada Allah. iya kita emang anak yg taat beribadah *benerin kopyah*. selese sholat kita jadi adem. tanduk kita udah mengecil dan akhirnya ilang.
kita berlapang dada. kita ngalah. setelah dapet pengantar dari ibu kepala, kita pun dilepas.
akhirnya gue naik bis dan nyari tempat duduk. gue duduk di seat bagian kanan. kan legaan dikit. tapi…….
semua tak berlangsung lama sampai kesompretan lain terjadi. KORSI DEPAN GUE RUSAK ! MODAR ! KAKI KEJEPIIIIITTTTTTT !! coba kita merenung sejenak. mari kita bayangkan betapa sakitnya hati dan perasaan gue. bayangin aja kaki kita kejepit korsi dg destinasi sejauh sekitar 2058 km dengan bus tua !!!!!
SOMPREEEEEET !!
gue langsung manggil guide dari biro yang ikut rombongan kelas kita. sebut saja mas bambang. dengan membabi buta gue langsung minta nomor hape si bunga. jan salah sangka gue minta nomor si bunga bukan karena gue naksir. tapi karna gue mau minta pertanggung jawaban. gue sebar nomornya keanak anak. dan langsung kami teror dengan sms sms yang isinya minta kejelasan dan pertanggung jawaban. namun si bunga jual mahal, terutama balesin sms gue. 5 menit kemudian… 45 menit kemudian… nungguim sampe ketiduran… akhirnya hape geter, dan… itu sms dari bapak. dan kedua ternyata dari si bunga. gue bahagia. gue buka sms itu. dengam juteknya dia cuman bales : “ini siapa ya ?” #jlebbb . hati gue teriris. seolah cewek hamil ditinggal pacarnya.
***
pas makan malem, gue ngeberaniin diri ngelabrak dia. dan, kali ini hak gue diperatiin. dia nantangin gue buat pindah bus. tapi itu gue tolak mentah mentah. (yesss satu sama). gue mau kalo gue pindah, semua yg ada di bus pindah. termasuk supir supirnya.

dia naik bus gue, dia langsung belagak benerin tuh korsi. dan gagal. muncul tanduk dikepala gue. gue semakin kalap. kesabarn gue terkuras abis.
HARI KEDUA
sampe di pelabuhan ketapang, kaki gue bisa istirahat dengan turun kapal. pas jam skitar 03.34 WITA. dan sholat subuh di atas kapal.
jam 05.36 WITA, gue resmi menapakkan kaki di tanah Bali. seketika terdengar suara gemuruh tepuk tangan. ini bukan cerita seneng. okesip. fokus.
ditengah kota menuju Denpasar, bus kita MOGOK !!!! ANJEEEENGGGG !! Titan hercules seketika bilang : “tidak doronggg, barbel melayanggg !!” waktu itu cuman 3 orang yg dorong. titan, bowo sama mas bambang. mereka kuat yah ??
singkat cerita… malam pertama di Bali, waktu menunjukkan pukul 12.08 WITA kita menuju “hotel”. kata yg terasa sangat absurd kalo dibandingin sama keaadaan yang sesungguhnya. sampe di “hotel” ala si bunga, semua berebut konci kamar. gue kebagian kamar no. 47 bareng cowok cowok macho : joko, aji, yudha. dan tuh kamar “hotel” kayak……. jujur gue egk sanggup ngejalasin apa yang bisa menjadi indikator kalo itu hotel. jauh kayak omongan si bunga. bukanya gue ngehina tuh penginapan ya. SEKALI LAGI INI BUKAN SAYA MENGHINA ITU PENGINAPAN, tapi gue mempertanyakan  keprofesionalitas si bunga sebagai pemimpin biro. kesompretan masih berlanjut. di kamar 47 lampu kamar mandi mati !! JEDEERRR !!!!
gue parno kalo pas gue boker tiba tiba ada leak terbang diatas kloset dalam keadaan gelap tanpa lampu. langsung gue turun minta kejelasan dan minta penerangan (baca : lampu).
gue nemuin bang jambrong. seorang penjaga penginapan yang baru punya anak. selamat eacchh qaqa atas kelahiran dedek kecilnyaaa…
setelah itu gue inisiatif masang sendiri. ternyata gagal. semua cowok macho penghuni kamar 47 gagal memasang lampu toilet.
atas ketidak nyamanan yang gue dapet, gue ditemenin joko, ketua osis sekolah gue, gigih nguber si bunga. kita tanya ke anak buahnya, katanya si bunga lagi keluar ngobatin peserta lain yang tepar. akhirnya koita nunggu sampe jam 01.03 WITA. sampe sampe kita kita nggelandang dan ketiduran di emperan blok kamar buat guru guru. akhirnya kita ngalah. kita pindah kekamar untuk tidur.
keesokan harinya kita belom ketemu sama bunga. hmmmm ini rada anu. kita nguber seorang bapak bapak yg udah tua. padahal kita cowok. ini pengejaran macam apaaa-___-
oke kita skip aja.
HARI KETIGA
kita udah resmi jadi turis di pulau Dewata. iya Bali. walopun tampang rada anu, berubung gue lagi di Bali otomatis tingkat ke-kece-an gue naik 48%.
gue bangun dari mimpi buruk sekitar pukul 04.38 WITA. langsung sholat subuh. alim. paginya ada temen cerita. namanya dodi. cerita kalo dia liat leak. wah nih anak songong nih. mungkin karena radiasi dari kerasnya kasur.
seperti kebiasaan gue pas di Jawa, gue kebelet pup. iya berak. skitar pukul 05.45 WITA gue ambil anduk dan sekalian peralatan mandi. dan cuss numpang mandi di kamar mandi yang ada di kamarnya si dodi yg ngaku ngaku liat leak tadi.. secara kamar mandi gue kondisinya gelap. gue parno kalo entar gue salah masukin tai ke bak air. kan egk lucu.. H A H A. kriuk kayak krupuk.
setelah puas meluapkan amarah melalui berak, gue langsung kebawah tujuannya sarapan. tanpa sengaja batang idung si bunga ndeso ini keliatan. secepat kilat gue ngajakin anak anak buat ngelabrak si bunga.
kita dipersilakan duduk di tempat penerimaan tamu. kita seolah disambut. perdebatan pun dimulai. suara lonceng pertanda debat dimulai pun terdengar. kita langsung saling melempar argumen. si bunga ngeles kalo semua ini kayak : perpindahan jadwal keberangkatan, pergantian armada bus, dll dll semata dilakukan karena agar kita bisa berangkat ke bali. kita egk mau kalah. TAPI………. tiba tiba lagi asyiknya mendebat tiba tiba terdengar suara mendesah dan mesra manggil gue.
JEDEEEEERRRRR !!!!!
itu suara Pak Budi. pembina OSIS SMA. nyess…. terasa aura yg egk bener. berasa ada yang mau gangguin pas mau bersin.
*perhatian bagian berikut rada anu.. parental advisor… ini rada roaming*
gue mendekat. beliau bilang : “KOE PENGURUS OSIS PORA !??”. nahloh. gue cuman jawab dengan loyonya :”tapi niki kan… rencang rencang…”. pak Budi mengulang pertanyaannya :” KOE PENGURUS OSIS PORA !!!??”. kali ini lebih keras. “tapi pak…”. “NEK KOE PENGURUS OSIS KUDUNE BISO NGENENG NGENENG KONCONE ! ORA MALAH NGOMPORI !!”. “kula mboten sanggup pak.”
dengan perasaan yang sangat terluka, hati ini berasa diiris, disayat sayat kayak ditinggal kawin gebetan (padahal belum pernah ngerasain), gue langsung ngeloyor pergi ke kamar 47. pas gue masuk masih ada joko sama yudha lagi packing. gue langsung ambil sikap lilin eh sikap mau dipijet. tengkurep.
mungkin karena merasa sependeritaan dan seperjuangan, titan, ngikut masuk ke kamar 47. dia nyusulin gue.
dengan sikap tengkurep tadi. dengan dada sesak penuh beban, hati yg disayat,  gue merasa orang yg paling malang di perjalanan kali ini.  gue merasa naas karena diPHPin bapak bapak.
seketika air mata gue netes. napas mulai tersengal. ingus juga mulai meler. iya…. gue nangis…
#ceksennQuote : nangis itu laki. cowok yg berani nangis didepan temen temennya itu macho. kalo ada yg ngatain cowok nangis itu cengeng, brati nyalinya kecil. kalo nyali kecil otomatis iman-nya juga kecil. kalo imannya kecil apa lagi ti*sensor*tit nya ya. hiiii
pas prosesi nangis ini, gue malahan dikira tidur sama si joko. tapi si joko baru sadar kalo gue nangis pas titan ikut berkacakaca. setelah nangis cukup lama akhirnya seluruh kamar 47 banjir air mata. wiii kereenn..
terdengar langkah kaki. ternyata pak Budi. beliau masuk dan mencoba meredakan amarah gue. skitar 30 menit gue+titan vs pak Budi mendebat. akhirnya gue kembali woless…. kita luluh. kita mau ngelanjutin perjalanan dg kendaraan ’seadanya’. dan….
gue egk napsu sarapan. nahloh . gue cuman ngambil satu butir semur telor.
tapi, terlepas dari semua kesompretan yg terjadi, gue merasa istimewa karena jadwal kita nonton Barong jadi terundur cuman gara gara nungguin gue.
dengan langkah berat dan napas masih tersengal, gue melangkah menuju bus B. skitar pukul 08.02 WITA kita lanjut jalan.
didalem bus, gue ngambek. gue cuman duduk sambil narik narik ingus tanpa banyak ngeluarin kata kata. muka gue tutup jaket. dan… gue ketiduran-_- okesip.
16.08 WITA.
rombongan nyampe di pantai Kuta. nah… ini harusnya jadi momen terbaik. bisa liat sunset, bisa liat bule bejemur, bisa ngobrol langsung sama bule, dll dll. emang gue have fun disitu. semua yg ada dipikiran bisa dilakuin. tapi ada sesuatu mengganjal.. ada temen cowok gue namanya Diki (menurut kesaksian saksi mata dia rada maho). kemana mana tu dia selalu bareng sama 3 cewek. miris. ini bukan keren. sama sekali egk keren. dia ibarat baby sitter yg lagi momong bayi. gue kasian. yg lain seneng seneng tapi si diki (baca : maho) ini justru momong bayi. ini sangat rada anu.
oke. di pante Kuta ini kita nunggu sunset. sayang rada berawan. jadi egk begitu jelas. tpi tetep gue abadikan. contohnya kek ava gue di twitter.
***
oke skip. malamnya, gue sempet numpang maen poker di kamarnya si dimas. gue menang terus. otomatis bosen. tiba tiba ada sms masuk. kira kira gini : “metu yo, mangan mg A*W.. gratis..”. wah baca ada nama food court dan gratis, gue langsung ikut gabung. pas otw gerbang depan, gue liat si bunga lagi dangdutan, karokean bareng joko. si bunga egk gue gubris.
udah ngumpul, kita langsung jalan cari A*W. kita semua kebetulan pake kaos barong semua. ada kalo egk salah 7 anak pake kaos barong. ternyata kita makan di A*W tu gratis, karena pas itu Vista bawa kupon makan gratis seharga 200k IDR. jadi gue agak tenang. sampe disana kita mesen makanan+minuman. makanan dateng, minuman dateng. kalo masalah makanan sih oke oke aja. cuman ada minuman khas amrik, yg baunya kayak BALSEM. nahloh. setelah beberapa teguk, lambung kampungan gue mulai bereaksi. gue mual. ayamnya egk abis. makan kelar, kita balik. iyadong balik. masalah pembayaran udah diurus si vista. lapan anam…
balik ke penginapan, ke kamar 47, sompret !! anak anak pada ngerokok disitu.berhubung gue anti banget sama rokok, gue pindah. gue inisiatif buat numpang tidur ke kamar 52, kamar si Gita (ini cowok) sama si diki (baca : maho). gue langsung cuss ke kamar 52. disana suasananya lebih enak. lebih kondusif dan bebas asep rokok. Alhamdulillah…
titan juga ngikut ke kamar 52, jadi kita berempat dikamar. kita ngobrol kesana kemari egk jelas. dan ngereview hasil foto kita. sampe jam 01.12 WITA kita semua ketiduran.
HARI KEEMPAT
pukul 03.34 WITA. gue kebangun dari tidur nyenyak. ini nyenyak mungkin karena gue capek kegiatan kalo egk ya brati karena gue capek nangis tadi.
geu kebangun karena kebelet pup. iya kebelet berak. akhirnya beraklah gue. selang beberapa menit, gantian lambung mau ngeluarin isisnya. mutah lah gue. selang beberapa menit, kembali kebelet pup (lagi). dan… mutahlah lagi gue. keitung hampir 3 kali berak dalam interval waktu 1.5 jam. gue mutah mutah dan berak berak. gue jajah toilet kamar 52. ini disinyalir akibat ntu minuman gratisan dari vista, segelas minuman balsem. itulah. lambung gue egk toleran terhadap minuman asing. pancen weteng ndesoooo pffft.
ternyata kesompretan tidak berakhir di hari keempat ini.
07.13 WITA.
checking baju terakhir. waktu itu perut gue dalam keadaan mules. skitar 08.04 WITA kita semua check out. rasa mules ini semakin menjadi jadi. klimaksnya pas kita sampe di Sangeh, yg isinya monyet monyet. iya monyet, kembaran si bunga. pas muterin objek wisata itu, gue jalan cepet. berasa lagi gerak jalan. tapi kalo ini judulnya Berak Jalan. soalnya gue jalan cepet akibat ini tai ngebet mau keluar. gue kebirit birit sampe kecepirit cari toilet umum. 5 menit pas itu adalah 5 menit paling krusial dalam sejarah per-berakan.
setelah muter muter, gue nemu. langsung gue berak dengam membabi buta.
*sensor*
setelah lega, giliran gue ngasih makan si bunga eh monyet monyet. mereka makan kacang yg gue kasih dg lahapnya. setelah selese waktunya kita lanjut perjalanan ke Joger. hmmm… dompet seolah meronta.
di Joger….. oke skip.
dari Joger lanjut ke Bedugul. danau di puncak dataran tinggi. jalanan relatif naik terus. nah pas dijalan, kita papasan sama rombongan warga pribumi. kata guidenya Bli Dewa, itu baru ada upacara ngaben. wow ngaben coy… jarang jarang coy… kata bli dewa, satu upacara ngaben tu budgednya gedeee~ jadi kalo warga kasta bawahan, upacara ngaben-nya rombongan, jasadnya dikubur dulu sampe jadi tulang belulang.
beberapa jam kemudian kita sampe di Bedugul. kita makan siang dg view danau khas Bali. terus juga kalo gue rasain, makanan di bedugul ini emang masakannya paling enak diantara rumah makan lainnya. secara gue liat chef juna lagi nongkrong disepan kompor sana. H A H A H A. garinggg. selese makan kita kembali foto foto. kali ini bareng bli dewa. setelah selese, waktu kita udah abis di Bedugul.
***
perjalanan pulang, ternyata hujan. waduh. dinginnya dalam bus. walah kaki rasa dingin nian. bikin kebelet pipis.
sampe di dataran rwndah lagi… suasana kembali hangat. kita mampir di masjid buat sholat ashar. alim. dan… setelah sholat ashar, gue ketiduran. apa yv diceritain ??
23.12 WITA kita sampe di pelabuhan. dan perut belom juga bener. diatas kapal, perut semakin berasa dikocok. rasa muel muel dan muel. akhirnya geu putusin buat ngisi ini perut. dodi baek hati, dia mau ngebeliin mie pop mie. gue makan itu mie. tapi… jengjeng. rasamya semakin anu ! pffft-_-
11.56 WIB kita sampe di Jawa. lega. pas masuk ke bus, gue langsung tidur. ikang fawzy nina boboin. ikang fawzy tidur.
kenapa semua tidur ?? kalo tidur trus apa yg mau diceritain ??
okeskip. 14.23 WIB gue masuk rumah gue dengan ganteng dan dengan selamat.
TAMAT.

NB : ke Bali merupakan kesompretan pengalaman yang gue alami. ini kisah nyata.  jan harap kalo ke Bali lo bakalan makmur sentosa. tunggu sampe lo rasain apa yang gue rasain ! WASPADALAH WASPADALAH !!