Mohon tunggu...
Baskoro Endrawan
Baskoro Endrawan Mohon Tunggu... Freelancer - Keterangan apa ?

Like to push the door even when it clearly says to "pull" You could call it an ignorance, a foolish act or curiosity to see on different angle :)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cewe, yang Enak Itu yang Kering

26 November 2012   15:09 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:38 1900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

*perhatikan tanda baca pada heading atau judul.takutnya pada salah 'tafsir' nanti Sekarang kan 'katanya' udah era emansipasi. Yang namanya cewe, atau bahasa 'bener'nya wanita udah banyak banget jadi seorang pengemudi mobil. Dengan kata lain, udah bisa bawa mobil kemana mana sendirian. Aktivitas rutin khas wanita atau tidak dari mulai ngampus, nge-mall , nyalon, ngarisan (eh bener ga sih), gaul dan sampai nganterin anak sekolah tiap hari sudah jamak dijabanin sendiri. Enggak perlu lagi bantuan cowok buat kemana mana. Self independent, dan ini emang bagus adanya. Nah, enggak ada salahnya buat cewe untuk tau sedikit banyak tentang mesin mobil sendiri.  Jangan nyetirnya aja, tapi minimal tau lah yang namanya radiator itu kayak apa. Bukan untuk ngedalamin hal mesin yang bisa bikin kuku kuku cantik jadi item item, tapi minimal, untuk kenyamanan dan keamanan diri sendiri . Supaya nantinya aktivitas tidak terganggu dan hal yang paling menyebalkan yaitu mogok enggak terjadi. Apa sih yang perlu diketahui?  Enggak akan panjang lebar kok artikelnya, hanya dua poin penting aja jadi stay tune ya ! Indikator Temperature; didalam interior dan mesin  : Oke, dalem mobil udah cantik dan full pernak pernik Hello Kitty.  Wangi, bersih dan jepet cantik ataupun sunglasses gaul udah siap buat nemenin aktivitas. Pernah gak perhatiin indikator temperature di dalem mobil? Biasanya, letaknya gak berjauhan dari indikator bensin sendiri. Coba simak gambar berikut : Indikator disamping ini namanya indikator temperatur. Gunanya apa? Ya untuk mengetahui temperatur mesin mobil. Biar bisa jalan dengan baik, mesin mobil memang harus 'sedikit' panas atau untuk mobil eropa, setengah panas lah yang diinginkan. C is for Cold, H stands for Hot. Jadi, yang ideal, posisi temperatur berada di 1/4 atau maksimal 1/2 di posisi indikator. Hati hati, overheat bisa bikin mesin mobil rusak berat, jadi wajib diperhatikan.Kalau mesin mobil sudah terlalu panas, atau overheat, biasanya keluar asap panas seperti kalau kita lagi masak air. Umub, bahasa bule-nya Picture taken from sugindustri.blogspot.com Supaya enggak overheat atau kepanasan tadi yang ujung ujungnya bisa mogok dan ganggu kesibukan, ya enggak ada salahnya sering ngecheck air radiator yang ada di ruang mesin.

1353939331812448312
1353939331812448312
Nah, gambar disamping ini adalah ruang mesin pada umumnya. Sedikit mempermudah, coba check kondisi air pada radiator (yang dilingkari merah) . Apabila enggak terlihat ada air atau kurang, maka bisa diisi dengan air yang idealnya adalah air suling. Gampangnya, minta aja air aki suling saat pergi ke bengkel terdekat. Air biasa juga bisa sih sebetulnya, tapi tetap yang terbaik adalah air suling. Pict from sugindusri.blogspot.com Di mobil mobil yang cenderung baru, proses buka dan isi air untuk radiator bisa juga dilakukan di tabung reservoir atau cadangan yang letaknya pada umumnya disebelah radiator. Itu lebih gampang dan juga terlihat. Malah, di mobil mobil eropa sangat tidak dianjurkan untuk buka radiator langsung. Hal yang perlu diingat adalah selalu melakukan pengecekan pada pagi hari, atau kondisi mesin yang lagi dingin. Jangan sekali sekali buka radiator saat mesin lagi panas. Bahaya. Aki Mobil, Sumber Aktivitas dan Kehidupan Di Dalam Mobil Nah, ini dia. Sumber segala aktivitas mulai dari jalannya mobil, angin cepoi cepoi adem yang ada didalam mobil, ngedengerin  Wide Awake-nya Katy Perry atau bahkan mobile charging alias colokan kabel buat gadget gadget yang riweh dengan urusan low battery gara gara pantengin terus soc med-nya. Aki, dia lah yang penting. Sori, bukan masalah gender, karena Nini emang enggak ada disini. Aki atau accu emang jadi sumber daya dan segala kesenangan yang bisa dilakukan di dalem mobil *lebay. Kadang mobil suka susah start? Cenguk cenguk kaya orang bengek? Coba periksa akinya deh. Biasanya bermasalah.  Walhasil mobil mogok dan minta bantuan orang sekampung deh buat ngedorong mobilnya. Atau, call a friend, dan itu yang biasanya jamak dilakukan. Nah bagi yang punya mobil matic, aktivitas ngedorong mobil enggak dibolehkan. Supaya jangan sampai terganggu mogok mobilnya, hal yang berikut bisa dilakukan :
1353940507414487100
1353940507414487100
Picture taken from soft 7.com Ayo kita buka lagi kap mesin mobil. Sekedar reminder, baiknya dilakukan pagi hari ya saat mobil belum start aktivitas apa apa.  Gambar diatas itu lah yang namanya aki basah. Kenapa kok basah? Karena dia masih memerlukan larutan atau air aki untuk kelangsungan hidupnya.  Di aki basah jaman sekarang, biasanya sudah tersedia indikator atau lubang untuk ngintip, sekedar memberi tau apakah air akinya masih baik, cukupan atau bahkan sudah habis? Yang baik adalah ya tetap selalu terisi sedengan dan jangan sampai habis. Merah berati air habis, Hijau berarti air masih 'oke' atau bahkan penuh.  Isi air aki dengan air suling yang memang khusus untuk pengisian perawatan aki. Cara mengisinya? Buka baut baut bintang diatas ( kearah kiri) dan tuangkan air kedalamnya.  Ingat ya, semuanya musti terisi dengan baik. Bagi yang beruntung, yang paling enak emang aki kering atau yang maintenance free/bebas perawatan Sebetulnya penyebutan aki kering itu sama dengan maintenance free itu juga relatif salah kaprah. Tapi itu emang yang 'jamak' dikenal oleh orang.

1353941166743852247
1353941166743852247
Pic edited from bosmobil.com

Nah, aki diatas adalah aki bebas perawatan atau yang lazim disebut dengan maintenance free.  Bedanya apa dengan si aki basah diatas? Namanya juga bebas perawatan, jadi ya enggak perlu lagi riweh atau ribet dengan urusan isi mengisi air aki seperti yang biasa dilakukan di aki basah tadi.  Bebas perawatan kan? Enggak perlu deh capek ngisi air atau ngechek dan bahkan was was bakal mogok karena air aki yang  kekeringan.  Apabila belum pakai yang ini dan masih pakai yang lama jangan berkecil hati. Sedikit perawatan juga berarti umur aki juga bisa lebih lama kok.

Apabila nanti sudah saatnya ganti aki, ya bagus juga sih mempertimbangkan aki yang maintenance free atau bebas perawatan itu tadi. Banyak pilihan di model yang terbaru.  Bisa check di toko langganan yang ada.

Ribet ya tips diatas? Oke, sekedar untuk pengetahuan saja. Apabila masih 'agak enggan' ( kalau gak mau dibilang males) ya minimal tau dan bisa selalu minta tolong untuk mengecek saat melakukan cuci mobil di gerai cuci mobil langganan. Minta mereka untuk check air radiator , dan air aki. Dan sekalian deh olinya .

Berikut tips tips tambahan yang mudah seputar kebiasaan mengemudi  dan sumber 'daya' didalam mobil :

  • Selalu matikan a/c, tutup kaca mobil yang berpower window, matikan audio , cabut colokan charger gadget sebelum mesin mobil dimatikan.  Ini mengurangi pemakaian beban berlebihan pada aki sendiri.
  • Saat kondisi macet, hindari memutar audio terlalu kencang. Selain bising, posisi mesin lagi dalam keadaan standby atau idle.  Arus yang masuk dan keluar bakal tidak seimbang.
  • Jangan langsung menyalakan a/c  atau audio saat baru saja menstater mobil. Walaupun mobil baru, hal ini juga berpengaruh pada arus daya yang diperlukan. Tunggu dulu deh sebentar. Baru nyalakan a/c atau audio, beberapa saat setelah mesin dihidupkan.
  • Colokan charger gadget. Hindari untuk selalu mencolokkan charger gadget di lubang pemantik api. Kebiasaan untuk langsung mencharge gadget juga bisa menimbulkan kerusakan pada gadgetnya, akibat arus listrik yang tidak stabil didalam mobil. Tunggu dulu deh beberapa saat. Oh ya, pilih car charger yang bagus ya, jangan yang abal abal kalau enggak mau gadget cepet rusak.
  • Jangan nyetir sambil apdet status , bbm-an, atau bahkan menelpon. Bahaya dan tidak diperbolehkan.

Segitu dulu tips yang bisa diberikan.  Supaya aktivitas bisa lancar, aman dan tentunya nyaman. Kalau puas beritahu teman, kalau enggak jangan bawa suami ! Takut sayanya nanti.... http://aki.gs-astra.com/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun