Mohon tunggu...
Muhammad Aliem
Muhammad Aliem Mohon Tunggu... Administrasi - ASN di Badan Pusat Statistik.

Alumni Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Program Magister Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Saya masih dalam tahap belajar menulis. Semoga bisa berbagi lewat tulisan. Laman facebook : Muhammad Aliem. Email: m. aliem@bps.go.id

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen | Sepenggal Cerita Pemburu Data #Susenas

9 Maret 2017   09:19 Diperbarui: 9 Maret 2017   09:28 664
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Foto : Pendataan Susenas Maret 2017 (dok.Probadi)


Hari pertama pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2017 di sebuah daerah pedalaman jauh dari bisingnya kendaraan di kota.

Yang paling kiri di foto, sebut saja Tiar (nama samaran) bertindak sebagai pencacah/pendata.
Yang tengah, yang lagi serius baca itu, sebut saja wawan (nama samaran) bertugas sebagai Pengawas Lapangan (PML).
Nah, yang baju merah itu empunya rumah, bertindak sebagai responden.

Wawan sangat serius memeriksa dokumen yang telah diisi oleh Tiar. Di sebelahnya duduk Responden (Nama dan lokasi dirahasiakan) yang sesekali terdengar menjawab ratusan pertanyaan dari Tiar.

"Pendidikan terakhirnya Bapak apa ya? "tanya Tiar sangat serius.
" Bapak saya ngga sekolah Pak, dia ngga pernah belajar di sekolah. "jawab responden dengan senyum agak malu-malu.

Gubrak... Tiar senyum, gak tau harus merubah pertanyaan seperti apa supaya responden mengerti.

" Maksud saya, Sekolah anda, bukan bapak anda"
"oooo, kasi jelas dong kalau bertanya. "Responden dikit kesal.

Sementara Wawan telah asyik melotot ke arah kertas dokumen. Sesekali mencuri pandang ke arah hidangan roti dan kopi pas di meja.

Tak beda dengan Tiar yang sesekali memalingkan wajah dan matanya ke tumpukan roti seakan berteriak "kapan disuruh makan ama tuan rumah nih, lapar eui".

"Ini responden ngga ngerti amat sih, kita udah duduk sejam nih, tapi ngga juga disuruh nyicip roti ama kopinya" Gumam wawan dalam hati.
Mata wawan tertuju di kertas dokumen, tapi hati dan pikirannya fokus ke roti dan kopi.

"Iya Pak, responden ini kok ngga pengertian banget ya. "

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun