Analisis Pengembangan Paradigma Integrasi-Kolaborasi
 di Satuan Pendidikan PAUD/TK/KB/RA
Oleh: Barenda Widyarifanti
Pendahuluan
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting bagi perkembangan anak. Artikel ini membahas analisis pengembangan paradigma integrasi-kolaborasi di satuan pendidikan PAUD untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Pengertian Paradigma Integrasi-Kolaborasi
Paradigma integrasi kolaborasi menggambarkan hubungan antara tujuan kolaborasi, jika di lihat dari satuan pendidikan PAUD/TK/KB/RA paradigm integrasi kolaborasi dapat dengan menyatukan beberapa jenis mitra, dan tingkat integrasi dari berbagai mitra. Mitra tersebut bisa berupa individu, organisasi, atau disiplin ilmu.
Kolaborasi adalah suatu proses untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah, atau untuk menghasilkan ide dan gagasan baru. Suatu contoh kolaborasi antara guru dan orang tua. Jika guru mendampingi anak untuk belajar di sekolah, maka orang tua dapat mendampingi anak untuk belajar dirumah.
Latar Belakang
1. Pentingnya PAUD dalam perkembangan anak
      Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk membantu membangun fondasi kognitif, sosial, emosional, dan motorik yang kuat. Stimulasi ini dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan untuk anak -- anak.