Mohon tunggu...
Barkah Maharani
Barkah Maharani Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN 18 Sungai Pandahan

Hobi belajar agama Konten favorit adalah kajian

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD

25 Oktober 2022   15:01 Diperbarui: 25 Oktober 2022   15:06 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS V SDN 18 SUNGAI PANDAHAN

 

Barkah Maharani

SDN 18 SUNGAI PANDAHAN

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri 18 Sungai Pandahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. 

Data penelitian berupa informasi tentang data hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman. Hasil dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian terlihat peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas V SDN 18 Sungai Pandahan. 

Rata-rata Nilai awal siswa adalah 65, meningkat pada siklus I menjadi 79.5 dan 85 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 18 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun