PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS V SDN 18 SUNGAI PANDAHAN
Â
Barkah Maharani
SDN 18 SUNGAI PANDAHAN
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri 18 Sungai Pandahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Â
Data penelitian berupa informasi tentang data hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman. Hasil dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian terlihat peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas V SDN 18 Sungai Pandahan.Â
Rata-rata Nilai awal siswa adalah 65, meningkat pada siklus I menjadi 79.5 dan 85 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 18 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H