Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Call Center dan Contact Center, Begini Perbedaannya!

1 September 2022   09:12 Diperbarui: 1 September 2022   09:15 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Anda pasti sudah sering mendengar kata call center maupun contact center. Untuk orang awam pada umumnya pasti mengira bahwa call center dan contact center merupakan hal yang sama. Padahal pada kenyataannya itu kurang tepat.

Walaupun fungsi dan cara kerja call center dan contact center ini terbilang mirip. Secara pengertian dan fungsi keduanya ternyata memiliki perbedaan lho. Ayo simak penjelasannya!

Perbedaan Call Center dan Contact Center

Contact center dan call center keduanya merupakan pusat layanan pelanggan. Namun, perbedaan utamanya adalah bahwa call center hanya mengelola panggilan masuk atau keluar.

Sedangkan contact center menawarkan dukungan pelanggan omnichannel, yaitu saluran komunikasi yang lebih lengkap dan terpusat. Sekaligus dapat memonitor kinerja staf/agen lebih lengkap hingga memantau penjualan ataupun pelayanan pelanggan.

Infrastruktur contact center juga memungkinkan manajer untuk meningkatkan efisiensi tim dan memungkinkan tim memperoleh manfaat dari langkah-langkah keamanan yang lebih baik, data yang lebih aman, dan peningkatan fleksibilitas.

Sekarang Anda sudah tahu kalau contact center melayani berbagai fungsi dan call center sendiri secara khusus mengelola interaksi telepon.

Seperti contact center, call center umumnya mendukung layanan pelanggan, dukungan teknis, atau interaksi penjualan.

Namun, perusahaan juga dapat menggunakannya untuk pemasaran jarak jauh (telemarketing), pengumpulan informasi (telepon survei), hingga penagihan utang (debt collection).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun