Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Pebisnis Wajib Tahu! Alasan Kenapa Harus Gunakan WhatsApp Business API untuk Bisnis Anda

31 Mei 2022   14:08 Diperbarui: 31 Mei 2022   14:17 965
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WhatsApp Business API vs WhatsApp Business vs WhatsApp Personal

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp membagi aplikasinya menjadi 2 (dua) versi berdasarkan fungsinya, yaitu WhatsApp Personal dan WhatsApp Business. Hal ini untuk menjawab kebutuhan semua penggunanya sehingga bisa memenuhi semua kalangan masyarakat dari orang biasa sampai dengan pelaku bisnis bahkan perusahaan.

Kebutuhan setiap orang dalam melakukan komunikasi tentu saja berbeda-beda, tentu saja hal tersebut disadari juga oleh pihak WhatsApp sebagai penyedia aplikasi chat messenger paling populer digunakan saat ini.

Coba bandingkan; orang biasa yang melakukan komunikasi melalui WhatsApp hanya untuk kegiatan sehari-hari, seperti berkomunikasi dengan keluarganya, kerabatnya, temannya yang mungkin tidak akan lebih dari 100 chat per hari. Dengan komunikasi yang terjadi dalam kegiatan bisnis, seperti pertanyaan pelangan, keluhan pelanggan, transaksi penjualan, pesan broadcast, pesan promosi dan sebagainya. Yang tentu saja bisa lebih dari 1000 chat per hari.

Karena hal itulah para pebisnis dan perusahaan membutuhkan fitur khusus di aplikasi WhatsApp mereka untuk mendukung, membantu dan mempermudah mereka. Caranya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business API, karena banyak fitur-fiturnya yang akan sangat mendukung, membantu dan mempermudah pekerjaan Anda dalam menjalankan kegiatan bisnis.

WhatsApp Business API ini berbeda dengan WhatsApp Business. Dengan menggunakan WhatsApp API, Anda akan membuka fitur lanjutan yang sebelumnya tidak bisa Anda dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

WhatsApp API Business Untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Aplikasi WhatsApp Business memang sengaja diperuntukan dan direkomendasikan untuk digunakan dalam kegiatan bisnis. Jika Anda seorang pebisnis, pastikan Anda sudah memiliki dan membuat akun WhatsApp Business untuk profil bisnis atau toko Anda. Karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari fitur-fitur yang ada di aplikasi WhatsApp Business.

1. Profil Bisnis

Dengan fitur profil bisnis, Anda dapat mencantumkan semua identitas informasi bisnis Anda, mulai dari nama toko / bisnis, deskripsi, alamat, kategori bisnis, jam kerja dan sebagainya. Fitur ini juga bisa Anda dapatkan di versi WhatsApp Business biasa.

2. Pesan Otomatis

Dengan fitur ini para pemilik bisnis tidak perlu standby setiap saat untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup dengan mengaktifkan fitur ini, Anda sudah bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang sudah Anda tentukan dan atur sebelumnya.

Terdapat tiga fitur pesan otomatis pada aplikasi ini, yaitu:

  • Away Message: Anda bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message: Anda bisa menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies: Anda bisa membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.

3. Centang Hijau (Verified Account)

Centang hijau atau green tick adalah identitas untuk akun WhatsApp yang telah terverifikasi. Dengan akun yang terverifikasi dan mendapatkan centang hijau di sebelah nama profil bisnis Anda, hal ini akan sangat berdampak dan meningkatnya kepercayaan pelangaan terhadap bisnis Anda dan meningkatnya kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

3. ChatBot (Robot Chat)

Berbeda dengan pesan otomatis, ChatBot atau Robot Chat ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya.

ChatBot ini bisa diterapkan pada kegiatan yang membutuhkan pelanggan untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, bukti pembayaran dan sebagainya.

4. Multi-User

Dengan fitur multi-user ini memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business Anda dari berbagai device, seperti handphone, tablet atau komputer. Memungkinkan akun untuk diakses lebih dari satu orang, di tempat berbeda dan di device yang berbebda.

5. Alokasi Agent

Fitur Alokasi Agent memungkinkan Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agent atau admin Anda. Contoh: Jika Ada memiliki 3 agent dan ada 150 pesan masuk yang datang setiap harinya pada nomor WhatsApp Business Anda, maka akan ada sebanyak 50 pesan masuk yang diterima per masing-masing agent Anda.

6. Jam Kerja (Office Hours)

Dengan fitur Office Hours, akan memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal jam kerja bisnis Anda, memunculkan status Online saat jam kerja dan Offline saat jam kerja telah berakhir. Dan tetap membalas pesan pelanggan diluar jam kerja dengan memberikan respon informasi pesan bahwa Anda tidak mengabaikan mereka dan akan segera menjawab mereka begitu masuk jam kerja nanti.

7. Broadcast (WhatsApp Blast)

Dengan fitur broadcast atau WhatsApp Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah Anda atur sebelumnya.

8. Terintegrasi Aplikasi Lain

Dengan WhatsApp Business API, Anda juga bisa menghubungkan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi lain seperti Facebook Messenger, Instagram, Line, Telegram ke dalam WhatsApp Business Anda. Sehingga Anda bisa membalas dan menjawab pelanggan dari berbagai saluran dalam waktu singkat di dalam 1 (satu) dashboard.

9. Laporan Statistik

Pada fitur Laporan Statistik, Anda bisa melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail sehingga Anda bisa memantau dan memonitoring pencapaian tim Anda secara realtime.

Dok. Barantum
Dok. Barantum

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API?

Untuk mendapatkan semua fitur-fitur diatas, sebelumnya Anda harus mendaftarkan bisnis Anda terlebih dahulu kepada pihak WhatsApp. Untuk cara mendaftarkan bisnis Anda ini, sayangnya Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Anda memerlukan bantuan pihak ketiga (third-party) untuk mendaftarkan dan memverifikasi bisnis Anda kepada pihak WhatsApp, yaitu Business Solution Provider (BSP). Business Solution Provider (BSP) adalah institusi atau perusahaan penyedia solusi pihak ketiga dengan keahlian di Platform WhatsApp Business.

BSP (Business Solution Provider) Terpercaya di Indonesia

Salah satu BSP (Business Solution Provider) terpercaya di Indonesia adalah Barantum. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Barantum sebagai partner resmi Whatsapp Official di Indonesia untuk membantu Anda mendaftarkan dan mendapatkan verified badge / centang hijau di akun WhatsApp Business Anda, dan mendapatkan semua manfaat fitur-fitur diatas.

Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mengunjungi website resmi dari Barantum ini disini www.barantum.com atau dengan cara klik tautan berikut ini Kunjungi Barantum.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun