Apa itu Omnichannel?
Omnichannel diambil dari kata Omnis yang berarti universal. Dalam hal ini Omnichannel adalah sebuah saluran komunikasi yang universal, yaitu menggabungkan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu bentuk interface. Saluran komunikasi yang tergabung ini membuat interaksi perusahaan dengan pelanggan sehingga tercipta suatu garis waktu yang komprehensif.Â
Contoh saluran komunikasi yang biasanya terhubung dalam sebuah Omnichannel adalah seperti Inbox di Facebook Messenger, DM di Instagram, Live Chat Website, Chat Whatsapp dan masih banyak lagi.
Apa manfaat Omnichannel untuk bisnis?
Dengan menggunakan sebuah sistem atau aplikasi Omnichannel untuk bisnis akan banyak sekali memberikan manfaat, antara lain:
- Meningkatkan konversi penjualan
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
- Mempermudah admin dalam membalas chat pelanggan
- Meningkatkan efisiensi dalam operasional
Siapa yang cocok menggunakan Omnichannel ini?
Omnichannel ini cocok untuk semua pelaku bisnis, mulai dari pelaku bisnis kecil sampai pelaku bisnis besar yang memiliki frekuensi interaksi dengan pelanggan yang tinggi melalui offline maupun online, seperti :
- Perusahaan
- Pemilik UMKM
- Pengusaha
- Pebisnis
- Influencer
- Dan lain lain
Rekomendasi Omnichannel Terbaik
Barantum.com
Barantum, merupakan penyedia layanan CRM yang salah satu produknya adalah Omnichannel. Kami merekomendasikan Barantum sebagai omnichannel terbaik karena menurut kami fiturnya sangat lengkap dan interface mudah dimengerti.
Rekomendasi Omnichannel Lainnya
- Brightpearl
- Hike
- NetSuite
- Vend
- SAP Hybris
- Pipedrive
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H