Mohon tunggu...
Abang Edwin SA
Abang Edwin SA Mohon Tunggu... profesional -

Blogger yang juga pengamat sosial. Pecinta Indonesia sejati yang punya cita-cita bisa ikutan membangun dan memperbaiki Indonesia secara utuh

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tren Online Gaming 2014 Menuju ke Arah Sosial dan Mobile

4 September 2014   17:30 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:38 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14097994451084153125

Bagi penggemar online gaming tentunya akan bisa merasakan naiknya popularitas beberapa online game di tanah air yang sebenarnya juga berlangsung secara menyeluruh di seluruh dunia. Pasar online gaming diperkirakan akan tumbuh sebesar satu digit poin persen setiap tahunnya menjelang tahun 2017. Pada saat itu belanja online gaming diharapkan akan mencapai level pada console gaming. Pada saat yang bersamaan, mobile game diperkirakan akan menjadi segmen yang tumbuh paling cepat di pasar video game. Bermain game pada perangkat mobile telah menjadi aktivitas utama pengguna internet di seluruh dunia, sedikit lebih tinggi darigame online. Juga social gaming adalah industri yang berkembang pesat, mempengaruhi meningkatnya pangsa dari total pasar video game. Kedua segmen tersebut diprakirakan melebihi total pasar game online dalam hal pertumbuhan, dengan peningkatan sekitar 20% per tahun.

Di seluruh dunia, lebih dari 40% dari pengguna internet bermain game online, dengan jumlah pengguna laki-laki terhitung sedikit lebih banyak dari setengah pengguna keseluruhan game.Wilayah Asia-Pasifik memiliki jumlah pemain terbesar, tetapi Amerika Utara dan Eropa memimpin dalam hal engagement dalam bermain. Mengenai pembayaran untuk bermain, kartu kredit masih mendominasi lanskap game, tetapi penggunaan pembayaran alternatif seperti E-Wallets/Digital Wallets terus meningkat, dan pembayaran alternatif mendominasi di pasar negara berkembang.

Tiga besar perusahaan game diukur dari pendapatan mereka di seluruh dunia pada tahun 2013 adalah Tencent, Activision Blizzard dan Electronic Arts. Perusahaan yang mengkhususkan diri di pasar mobile gaming yang berkembang pesat adalah DeNA, Gungho Online dan Supercell. Game online terkemuka dengan pendapatan free-to-play adalah CrossFire, League of Legends, Dungeon Fight Online dan World of Tanks. Dalam kategori social game, aplikasi game paling populer tahun lalu adalah Candy Crush Saga, Pet Rescue Saga and Farm Heroes Saga. Sedangkan juga mulai naik daun beberapa online game yang bersifat online gambling seperti Dafabet poker yang juga sudah masuk ke pasar Indonesia.

Sumber: Global Online Gaming Market Snapshot 2014

Foto: Design & Trend


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun