0043
Menampilkan data hasil percobaan merupakan salah satu kecakapan ilmiah. Salah satu cara menampilkan data ialah dengan grafik. Bimbinglah anak untuk membuat diagram batang sederhana dari percobaan benda yang tenggelam atau terapung di dalam air. Pertama, buatlah diagram secara manual. Kedua, buatlah dengan bantuan software komputer seperti Microsoft Excel. Setelah itu, buat juga diagram lingkaran (pie chart) dari data yang sama). Minta pendapat anak, diagram mana yang menurutnya lebih baik untuk menampilkan data ini.Â
0044
Masukkan dua objek ke dalam kantong yang tak tembus cahaya. Minta anak untuk membedakan kedua objek tersebut hanya dengan merabanya.
0045
Ajak anak berkeliling taman, kebun, atau yang lain. Kumpulkan berbagai macam daun. Mintalah ia mengelompokkan daun-daun itu sesuai versinya sendiri. Dengarkan penjelasannya.
0046
Nyalakan lilin. Dekatkan telapak tangan di samping nyala lilin, kira-kira 20 sentimeter. Lalu posisikan telapak tangan di atas nyala lilin, juga kira-kira 20 sentimeter. Kenapa ketika berada di atas nyala lilin  telapak tangan merasakan lebih panas dibandingkan ketika berada di samping nyala lilin? Ajaklah anak untuk mencoba mencari jawabannya di berbagai sumber. Kecakapan mencari informasi adalah salah satu kecakapan ilmiah.
0047
Isi gelas dengan sekitar 25 ml cuka pekat (25%), lalu tambahkan sekitar 100 ml air. Aduk sehingga cuka dan air tercampur rata. Rendam telur di dalam larutan ini selama beberapa jam. Segera setelah telur direndam, muncul gelembung-gelembung di seluruh permukaan kulit telur. Kulit telur tersusun oleh zat kapur (kalsium karbonat) yang bereaksi dengan cuka menghasilkan gas karbondioksida dan air. Kalau semua kalsium karbonat habis bereaksi dengan cuka, telur akan kehilangan kulit, tetapi tidak pecah. Masih ada lapisan tipis yang melindungi telur.
0048