Mohon tunggu...
Antonius Along
Antonius Along Mohon Tunggu... Editor - Praktisi

Menulis dan mengispirasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Peningkatan Keterampilan dan Pendidikan "Kunci Sukses Masyarakat Dayak di Era IKN"

25 Agustus 2024   17:53 Diperbarui: 25 Agustus 2024   18:03 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto sendiri/dokpri

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir. Proyek ambisius ini bertujuan untuk mengurangi tekanan di Jakarta dan mempromosikan pembangunan yang lebih merata di seluruh Indonesia. 

Namun, di balik visi besar tersebut, terdapat tantangan signifikan yang harus dihadapi oleh komunitas lokal, khususnya masyarakat Dayak. Sebagai penduduk asli Kalimantan, masyarakat Dayak memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan integrasi sosial dan ekonomi di kawasan IKN.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi masyarakat Dayak adalah bagaimana mereka dapat beradaptasi dengan perubahan sosial dan ekonomi yang cepat, tanpa kehilangan identitas budaya dan tradisi mereka. 

Dalam konteks ini, peningkatan keterampilan dan pendidikan menjadi faktor kunci yang menentukan kemampuan mereka untuk berpartisipasi dan bersaing dalam ekonomi baru yang muncul sebagai akibat dari pembangunan IKN.

Artikel ini akan membahas hal tersebut, semoga bermanfaat. 

1. Membangun Akses Pendidikan Berkualitas

Pendidikan adalah fondasi dari pembangunan sumber daya manusia. Untuk masyarakat Dayak, akses terhadap pendidikan yang berkualitas adalah langkah pertama dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan IKN. 

Namun, sejarah menunjukkan bahwa akses pendidikan di daerah pedalaman Kalimantan, termasuk bagi masyarakat Dayak, masih tertinggal dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia. 

Pemerintah dan pihak swasta harus bekerja sama untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan formal di daerah-daerah Dayak. Ini bisa dilakukan melalui pembangunan sekolah-sekolah di daerah terpencil, peningkatan kualitas pengajaran, serta penyediaan beasiswa bagi siswa Dayak yang berprestasi. 

Selain itu, teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan geografis dengan menyediakan pendidikan jarak jauh atau program pembelajaran online yang berkualitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun