Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan kualitas dan efektivitas media pada penulisan aksara Jawa khususnya aksara rekan yang dikembangkan dengan aplikasi Macromedia Flash Professional 8.
Jenis penelitian ini ialah Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan melalui lima termin, yaitu (1) berupa analisis kurikulum serta analisis ciri peserta didik, (dua) tahap perancangan, (tiga) tahap pengembangan, (4) termin validasi dan  uji coba, dan  (lima) tahap akhir produk. Produk media pembelajaran diuji kelayakan oleh dosen pakar media serta dosen pakar materi. Setelah dilakukan revisi, maka dinyatakan media layak buat diujicobakan. Termin selanjutnya dilakukan penilaian oleh pengajar bahasa Jawa dan dilakukan uji coba terhadap tanggapan peserta didik. Uji coba tanggapan peserta didik dilakukan di peserta didik kelas XI MIPA C di SMA Negeri 1 Batang, Kabupaten Batang yang terdiri atas 36 peserta didik dan diakhiri dengan evaluasi untuk mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal peserta didik terhadap materi yang terdapat pada media pembelajaran tersebut. Data yg diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif buat mengetahui kelayakan media interaktif aksara rekan untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas kelas XI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Â
(1) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli media terdiri atas dua aspek, yaitu aspek tampilan dijabarkan dalam sepuluh indikator dan aspek pemrograman dijabarkan dalam sembilan indikator dengan hasil penilaian memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% termasuk dalam kategori sangat baik,Â
(2) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli materi terdiri atas sepuluh indikator penilaian memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 86% termasuk dalam kategori sangat baik,Â
(3) penilaian oleh guru bahasa Jawa terdiri atas dua aspek, yaitu aspek kesesuaian antara konsep dan kompetensi serta aspek kualitas tampilan memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 85% termasuk dalam kategori sangat baik, dan (4) hasil angket tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran aksara rekan terdiri atas empat aspek, yaitu aspek kemudahan dalam pemahaman, aspek kemandirian dalam belajar, aspek penyajian media, dan aspek kemudahan pengoperasian memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat setuju. Persentase ketuntasan peserta didik dalam mengerjakan soal evaluasi mencapai 87%, dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dalam memahami materi aksara rekan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H