Bela beli produk UMKM Brebes suatu terobosan yang dilakukan Pemkab Brebes untuk meningkatkan produksi dan daya beli masyarakat. Pelaku UMKM yang berjumlah sekitar 17.000 mayoritas beranggota ibu rumah tangga dan tinggal di pedesaan. Hal tersebut menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Produksi yang melimpah terkadang terkendala masalah pemasaran, dengan program bela beli UMKM kendala pemasaran teratasi sehingga menggairahkan dinamika UMKM.Â
Bela adalah satu gerakan dimana kita lebih mengedepankan untuk memberikan prioritas kepada produk-produk umkm. Menggunakan berbagai produk-produk umkm untuk keperluan sehari-hari. Begitu juga dengan membeli produk umkm untuk membantu sesama pelaku umkm, mensupport dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil.Â
Bukti keseriusan Pemkab Brebes pada pelaku umkm selain pelatihan dan peningkatan SDM juga memberikan tempat untuk mereka yaitu "Lapake Mane". Tempat ini adalah etalase untuk memajang dan menjual produk-produk umkm dilokasi yang sangat strategis yaitu disamping Pendopo dan Alun-alun. Dengan sarana ini diharapkan produk-produk umkm menjadi produk unggulan dan dijadikan buah tangan yang berkunjung ke Brebes. Kegiatan-kegiatan kedinasan diwajibkan untuk memakai produk umkm.Â
(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|)Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H