Membahas tentang media sosial atau hal-hal yang berkaitan dengan digitalisasi dan teknologi memang tak ada habisnya. Hampir seluruh populasi manusia yang tersebar di berbagai belahan dunia pasti menggunakan alat-alat teknologi untuk mempermudah segala aktifitas yang ia lakukan sehari-hari.Â
Mulai dari belajar, bekerja, mencari sarana hiburan, menonton film, memesan makanan, berinteraksi, mengedit, dan lain sebagainya semua menggunakan fasilitas yang disediakan oleh teknologi.Â
Layanan digital semacam itu tentu dibuat dan dimaksudkan semata-mata hanyalah untuk menghadirkan kemaslahatan banyak orang dan membantu manusia dalam menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman yang terus berubah secara masif dari waktu ke waktu.
Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan banyak pengguna media sosial aktif di dunia. Tak peduli tua atau muda, anak-anak maupun orang tua, menganggur atau bekerja semua seakan sudah terhipnotis dengan asyiknya bersantai sembari menikmati sajian dari fitur-fitur digital yang ditawarkan di media sosial.Â
We are Social bahkan merilis data terbaru berkaitan dengan jumlah pengguna media sosial di Indonesia. Jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sendiri sudah mencapai angka 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah tersebut meningkat 12,53% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang.
Melihat trennya, jumlah pengguna media sosial di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Walau demikian, pertumbuhannya juga masih bersifat fluktuatif sejak 2014-2022.Â
Masyarakat Indonesia tentu sangat aktif ketika bermain media sosial. Bahkan untuk sebagian orang, media sosial seakan telah menjadi ladang cuan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi khususnya dalam bidang perdagangan serta transaksi e-commerce baik produk dan jasa.Â
Ini menjadi sebuah tren yang positif bagi masyarakat Indonesia. Mereka terbukti mampu mengambil sisi positif dari hobi penggunaan media sosial dalam ranah digitalisasi.Â
Lebih lanjut, ada banyak ragam fitur yang disediakan dalam media sosial. Selain fasilitas sharing, unggah, maupun fitur-fitur unik lainnya. Di media sosial juga tersedia kolom komentar yang bisa kita gunakan untuk menuliskan pendapat atau komentar terkait suatu unggahan atau postingan konten tertentu.Â
Aplikasi Tiktok, Youtube, Facebook, Twitter, hingga Instagram semua telah menyediakan fitur kolom komentar. Yang ada saat ini, kolom komentar memang tak mengatur tentang apapun pilihan kata yang ingin diketikkan dan diunggah.Â