Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.4.f.6. Restitusi - Segitiga Restitusi

5 Agustus 2024   17:04 Diperbarui: 5 Agustus 2024   17:08 1014
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
segitiga Restitusi (Dokpri)

1.4.f.6. Restitusi - Segitiga Restitusi

Proses tiga tahapan tersebut didasarkan pada prinsip-prinsip utama dari Teori Kontrol, yaitu:

Tiga Tahapan Teori Kontrol (Dokpri)
Tiga Tahapan Teori Kontrol (Dokpri)
Segitiga Restitusi

Segitiga Restitusi (Dokpri)
Segitiga Restitusi (Dokpri)

Tugas 2.6 (1)

  • Dari 5 posisi kontrol, posisi mana yang dipraktikkan oleh guru? Jelaskan!
  • Berdasarkan percakapan antara Pak Joko dengan Mario dan Adi, posisi kontrol yang dipraktikkan oleh guru adalah:

Teman

  • (1)Pak Joko tidak langsung memarahi atau menghukum Mario dan Adi. Sebaliknya, iamencoba memahami apa yang terjadi dan mengajak mereka untuk berpikir bersama-sama mencari solusi.
  • (2)Pak Joko bersikap ramah dan berusaha membangun komunikasi yang baik dengan murid-muridnya.

Manajer

  • (1)Pak Joko berperan sebagai manajer yang berusaha mengarahkan Mario dan Adi untuk memperbaiki situasi yang terjadi.
  • (2)Ia memberikan arahan dan bimbingan kepada mereka untuk menemukan Solusi yang baik.Pak Joko menggunakan pendekatan yang lebih bersifat membangun, kolaboratif, dan berorientasi pada pemecahan masalah.

Tugas 2.6 (2)

  1. Kebutuhan apa yang berusaha dipenuhi oleh Mario dan Adi?

Berdasarkan dialog di atas, Mario dan Adi berusaha memenuhi kebutuhan hiburan dankesenangan dalam bermain. Mereka merasa senang saat bermain lempar-lemparan makanan di kantin, meskipun akhirnya menyadari bahwa tindakan tersebut merugikan orang lain dan melanggar nilai-nilai yang mereka yakini, seperti menghormati orang lain dan lingkungan. Pak Joko mengakui bahwa tindakan mereka memberikan rasa senang,tetapi ia juga mengarahkan mereka untuk menemukan cara lain yang tidak merugikan orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan kesenangan dan interaksi sosial bisa dipenuhi dengan cara-cara yang lebih positif dan sesuai dengan nilai-nilai sekolah.

Tugas 2.6 (3)

  1. Apa yang dikatakan guru dalam tahap Menstabilkan Identitas, Validasi Tindakan, dan Mencari Keyakinan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun