Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi antar Materi Modul 1.2.j. Refleksi Model 4P

9 Juli 2024   10:42 Diperbarui: 9 Juli 2024   10:48 3394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Refleksi Model 4P/dok. pri

1.2.j. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

 

Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan."  
~ Benjamin Franklin

Salam dan Bahagia

CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah guru perlu memperhatikan aspek emosi dan perasaan murid sebagai bagian dari Berpihak pada murid untuk menuntunnya menebalkan kekuatan Kodrat sehingga mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Salah satu model refleksi yang akan saya bahas pada artikel kali ini adalah model 4P, bagaimana contoh penggunaannya sebagai alat bantu dalam menuliskan refleksi?

1. Peristiwa:

Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 diantaranya:

  • Untuk modul 1.1, Menerapkan filosofi KHD menjadi tantangan. Dan aktivitas yang mencerahkan adalah saat Diskusi bersama kelompok. Awalnya mencoba memahami materi sendiri, namun ketika berdiskusi kelompok, mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi.
  • Untuk modul 1.2, mencari jati diri terkait nilai yang sudah ada dalam diri saya pribadi. Apa yang sudah ada dan kemampuan atau potensi apa lagi yang bisasanya ditingkatkan dan dikembangkangkan yang sesuai dengan nilai dan peran guru penggerak.

Berpihak Pada Murid/dok. pri
Berpihak Pada Murid/dok. pri
  • Disini saya mencoba memahami diri dan batas diri untuk berbuat dan berkembang.Adapun Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bagaimana menjadi seorang guru yang mencerminkan filosofi KHD dapat menumbuhkan dan menciptakanguru yang memiliki nilai-nilai guru penggerak (Berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif,reflektif dan inovatif) dan peran guru penggerak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun