1.2.j. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2
Â
Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan." Â
~ Benjamin Franklin
Salam dan Bahagia
CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah guru perlu memperhatikan aspek emosi dan perasaan murid sebagai bagian dari Berpihak pada murid untuk menuntunnya menebalkan kekuatan Kodrat sehingga mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Salah satu model refleksi yang akan saya bahas pada artikel kali ini adalah model 4P, bagaimana contoh penggunaannya sebagai alat bantu dalam menuliskan refleksi?
1. Peristiwa:
Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 diantaranya:
- Untuk modul 1.1, Menerapkan filosofi KHD menjadi tantangan. Dan aktivitas yang mencerahkan adalah saat Diskusi bersama kelompok. Awalnya mencoba memahami materi sendiri, namun ketika berdiskusi kelompok, mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi.
- Untuk modul 1.2, mencari jati diri terkait nilai yang sudah ada dalam diri saya pribadi. Apa yang sudah ada dan kemampuan atau potensi apa lagi yang bisasanya ditingkatkan dan dikembangkangkan yang sesuai dengan nilai dan peran guru penggerak.
- Disini saya mencoba memahami diri dan batas diri untuk berbuat dan berkembang.Adapun Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bagaimana menjadi seorang guru yang mencerminkan filosofi KHD dapat menumbuhkan dan menciptakanguru yang memiliki nilai-nilai guru penggerak (Berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif,reflektif dan inovatif) dan peran guru penggerak.