Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.F.1

3 Juli 2024   08:30 Diperbarui: 3 Juli 2024   08:49 2187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nilai Guru Penggerak/dokpri 

Forum Diskusi/dokpri
Forum Diskusi/dokpri

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.F.1

1. Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

  • Saat saya mulai mengimplementasikan prinsip “berpihak pada murid,” saya menjadi lebih peka terhadap kebutuhan dan kepentingan setiap siswa di kelas saya. Maka, saya menyadari bahwa setiap murid memiliki potensi unik dan cara belajar yang berbeda. Sehingga dengan memahami perbedaan ini, saya mulai merancang pembelajaran yang lebih inklusif, mempertimbangkan berbagai gaya belajar, tingkat kemampuan, dan minat mereka.
  • Dengan berpihak pada murid, saya juga lebih fleksibel dalam mengadaptasi metode pengajaran dan kurikulum. Maka, saya selalu berusaha mencari cara untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi mereka. Hal ini telah meningkatkan tingkat motivasi siswa dan hasil belajar mereka.
  • Intinya, nilai “berpihak pada murid” telah mengubah cara saya mendekati Pendidikan Saya percaya bahwa dengan memprioritaskan kepentingan siswa, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, berdaya ungkit, dan bermakna bagi mereka.
  • hal di jadikan sebagai guru penggerak dapat dengan teliti membaca peluang lingkungan sekitar. Inovasi ini dapat diperoleh dari studi literatur yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Disini saya melakukan sebuah nilai inovasi yang pernah saya lakukan diantarnya:
  • Menyisipkan ice breaking pada setiap proses pembelajaran. Disini saya lakukan untuk membangun semangat dan konsentrasi ditengah-tengah pembelajaran. Saya selalu berusaha memberikan jenis-jenis ice breaking yang berbeda-beda sebagai trik saya dalam memusatkan perhatian murid.
  • Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan potensi yang ada pada lingkungan sekitar
  • Melaksanakan pembelajaran yang melihat potensi yang ada pada lingkungan sekitar

2. Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

  • Tugas tambahan di sekolah sebagai ketua Kompetensi Keahlian Teknik Mesin
  • Kordinator MGMP Teknik Mesin Tingkat Kabupaten
  • Tim Management WMM
  • Tim Auditor Audit Internal Sekolah ISO
  • Membuat perencanaan pembelajaran yang berpusat pada murid.
  • Melaksanakan kegiatan penilaian dan refleksi pembelajaran
  • Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik
  • Penerapan Budi Pekerti dan Pembiasaan
  • Rapat dengan TOP Management Sekolah
  • Diskusi dan sharing dengan rekan sejawat untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi murid

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun