Mohon tunggu...
Bambang Sumariyono
Bambang Sumariyono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Blora

Tetap Semangat menatap masa depan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.F Tugas B

3 Juli 2024   05:42 Diperbarui: 3 Juli 2024   05:45 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manusia Merdeka Bergerak/dokpri

Tugas B

1. Manakah dari nilai-nilai Guru Penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik?

Jawaban :

  • Nilai-nilai guru penggerak yang dikuatkan adalah seluruh nilai-nilai tersebut (berpihak pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif, dan inovatif), hal ini dikarenakan semua nilai mempunyai pengaruh yang positif guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi murid.
  • Diantara kelima nilai ini yang perlu dikuatkan oleh guru penggerak menurt saya adalah Berpihak Pada Murid di karenakan Mampu menciptakan lingkungan belajar yang asyik, aman, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensinya. murid diberi kesempatan untuk berpendapat dan peran guru adalah mengarah kannya sehingga murid tetap pada koridornya sebagai seorang pelajar.
  • Seorang guru harus mampu menuntun murid sesuai kodratnya agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan anggota masyarakat, Untuk mewujudkan hal tersebut seorang Guru Penggerak harus mampu mengaktualisasikan lima nilai Paradigma Berfikir seorang Guru Penggerak

2. Tindakan spesifik apa yang dapat dilakukan untuk menguatkan diri Bapak/Ibu sendiri untuk memberdayakan murid dalam memilih jalan kodratnya sekaligus menguatkan tumbuhnya motivasi intrinsik mereka dalam mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila?

Jawaban :

  • Tindakan yang dapat dilakukan Tergerak untuk meningkatkan kualitas profesionalisme sendiri dengan cara mengikuti pelatihan, workshop, webinar dsb dan melakukan inovasi/perubahan untuk menguatkan diri adalah sebelum kita menguatkan murid dalam memilih jalan kodratnya dan menguatkan motivasi instrinsiknya dalam menuju profil pelajar pancasila,
  • kita harus terlebih dulu sering melakukan kegiatan refleksi dan menumbuhkan motivasi dalam diri untuk dapat menjadi contoh/ teladan bagi murid yang kemudian memahami kodrat murid dalam pembelajaran agar bersama-sama dapat menjadi murid yang dapat memahami dirinya sendiri yang memiliki motivasi dalam pembelajaran yang dipupuk melalui berbagai pembiasaan yang positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun