Mohon tunggu...
Balya Ziaulhaq Achmadin
Balya Ziaulhaq Achmadin Mohon Tunggu... Mahasiswa - College student at Islamic State University of Malang Indonesia

Editor at the mutta'allim journal and Postgraduate School Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Berbasis Media Quizizz Interaktif Learning

9 Desember 2023   22:58 Diperbarui: 9 Desember 2023   23:38 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Leaderboard Quizizz, dimana membuat siswa tampak bersemangat (Balya Ziaulhaq)

Saya Balya Ziaulhaq akan mengulas pengalaman Asistensi Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Suasana kelas di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar relatif aktif namun bagi saya perlu suatu gebarakan hal yang baru dalam media pembelajaran, tujuannya agar semua siswa dapat lebih fokus pada konten yang disampaikan oleh guru. Guru pamong saya ketika saya mintai arahan, agar dapat mengadaptasi perkembangan perangkat maupun konten pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka, karena madrasah tersebut termasuk pioner IKM di Kabupaten Blitar dan sepenuhnya pengembangan media dipasrahkan kepada saya bagaimana mengkonsep pembelajaran agar peserta didik dapat luwe dalam memahami materi ajar Al-Qur’an Hadis.


Saya memulai awal pembelajaran dengan pengenalan materi berbasis video ajar dan beberapa platform media pembelajaran salah satunya memperkenalkan Quizizz kepada peserta didik, menerangkan bahwa Quizizz adalah sebuah platform interaktif berbasis online yang akan membantu mereka dalam mempelajari Al-Qur'an dan Hadis dengan cara yang menyenangkan. Mata para siswa berbinar-binar, mereka tidak sabar untuk mencoba pengalaman belajar yang baru ini. Sebenarnya hal tersebut berawal dari kesenjangan yang terjadi dikelas, dimana peserta didik cenderung bermain smartphone dikelas dalam pembelajaran, maka disitu saya berinisiatif untuk mencari media yang kiranya dapat membantu fokus peserta didik dalam pembelajaran.


Dalam pertemuan awal saya memberikan bahan ajar video yang sudah saya buat sebelumnya sesuai modul ajar yang saya susun, yang setiap pertemuannya saya menyajikan kuis tentang ayat-ayat Al-Qur'an yang telah mereka pelajari sebelumnya. Siswa-siswa dengan antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di layar smarphone masing-masing, dan dapat dilihat dari tampilan proyektor. Mereka merasakan sensasi kompetisi sehat dengan melihat peringkat mereka di leaderboard Quizizz. Namun, saya mengingatkan rekan-rekan peserta didik dengan bijak mengingatkan bahwa tujuan utama dari Quizizz bukanlah untuk bersaing, tetapi untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap Al-Qur'an dan Hadis.

Saat siswa-siswa menjawab pertanyaan, Quizizz memberikan umpan balik instan yang membantu mereka memahami kesalahan yang mereka buat. Fitur ini membuat siswa-siswa lebih berani dalam mencoba dan belajar dari kesalahan mereka. Mereka merasa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, karena Quizizz memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.


Selain itu, Quizizz juga memberikan kesempatan kepada siswa-siswa untuk belajar secara mandiri. Setelah pelajaran berakhir, mereka dapat mengakses Quizizz kapan saja dan di mana saja untuk mengulang materi yang telah dipelajari, sembari saya selingi dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis video yang dapat meraka akses kapanpun yang saya berikan link chanel saya khususnya dalam konteks pembelajaran Al-Qur’an Hadis, dengan analisis report secara langsung mereka dapat menguji pemahaman mereka sendiri dan melihat kemajuan yang telah mereka capai. Hal ini memberikan rasa tanggung jawab dan kemandirian dalam belajar kepada siswa-siswa.

Interaktif Learning Quizizz (Balya Ziaulhaq)
Interaktif Learning Quizizz (Balya Ziaulhaq)
Tidak hanya siswa-siswa yang merasakan manfaat dari penggunaan Quizizz, tetapi juga guru-guru. Dengan menggunakan fitur analisis data yang disediakan oleh Quizizz, para guru dapat melihat perkembangan individu siswa dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Guru-guru dapat memberikan bimbingan yang lebih personal kepada siswa-siswa, membantu mereka mencapai potensi terbaik mereka dalam mempelajari Al-Qur'an dan Hadis. Kiranya progres dan antusias siswa dapat tergambarkan dari awal kurang lebih 8 kali pertemuan dimana setiap pertemuannya saya pasti memberikan evaluasi dalam bentuk quizizz diakhir pembelajaran.
Progres Signifikan Penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran (Balya Ziaulhaq)
Progres Signifikan Penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran (Balya Ziaulhaq)
Dalam beberapa pertemuan menunjukkan progres hasil belajar yang signifikan dalam penggunaan Quizizz, Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar melihat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap Al-Qur'an dan Hadis. Peserta didik semakin bersemangat dalam mempelajari agama, dan kehadiran Quizizz telah membantu mereka mencapai cahaya ilmu yang lebih terang. Quizizz telah membantu mengubah pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis menjadi pengalaman yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna.


Dalam perjalanan belajar siswa-siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar menyadari bahwa cahaya ilmu tak hanya dapat ditemukan dalam lembaran-lembaran kitab suci, tetapi juga melalui penggunaan teknologi yang bijak. Quizizz telah membantu mereka menggapai cahaya ilmu dengan cara yang baru dan menarik. Dengan semangat yang membara, mereka melangkah maju dalam perjalanan mereka untuk menjadi generasi yang penuh pengetahuan dan penghafal Al-Qur'an yang baik. Yang saya temui siswa-siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar merespon penggunaan Quizizz dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis dengan antusias. Mereka menyambut pengenalan Quizizz sebagai media pembelajaran baru dengan penuh semangat dan minat yang tinggi. Beberapa tanggapan positif yang diberikan oleh siswa-siswa, yaitu :

  • Antusiasme: Siswa-siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kuis-kuis di Quizizz. Mereka bersemangat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di layar komputer mereka dan melihat peringkat mereka di leaderboard. Mereka merasa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan merasakan sensasi kompetisi sehat dengan teman-teman sekelas, yang hal ini menjadikan mereka dapat menghilangkan rasa kejenuhan dalam belajar.
  • Keterlibatan yang lebih tinggi: Dengan adanya fitur-fitur interaktif seperti leaderboard dan umpan balik instan, siswa-siswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis. Mereka merasa memiliki kontrol atas pemahaman mereka sendiri dan dapat melihat kemajuan yang telah mereka capai. Fitur umpan balik instan juga membantu mereka memahami kesalahan yang mereka buat dan belajar dari kesalahan tersebut.
  • Pembelajaran yang menyenangkan: Siswa-siswa menikmati penggunaan Quizizz karena memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Mereka merasa bahwa pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis tidak lagi terasa monoton, tetapi menjadi lebih interaktif dan menarik. Quizizz memberikan variasi dalam metode pembelajaran dan membuat mereka lebih bersemangat untuk belajar.
  • Kemandirian dalam belajar: Siswa-siswa merasakan manfaat dari kemampuan untuk mengakses Quizizz kapan saja dan di mana saja. Mereka dapat mengulang materi yang telah dipelajari secara mandiri dan menguji pemahaman mereka sendiri. Hal ini memberikan rasa tanggung jawab dan kemandirian dalam belajar kepada siswa-siswa, yang membuat mereka merasa lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan pribadi mereka dalam mempelajari Al-Qur'an dan Hadis.
  • Peningkatan pemahaman: Siswa-siswa melaporkan peningkatan pemahaman mereka terhadap Al-Qur'an dan Hadis setelah menggunakan Quizizz. Mereka merasa bahwa Quizizz membantu mereka mengingat dan memahami ayat-ayat Al-Qur'an dengan lebih baik, serta memahami konteks dan pesan yang terkandung dalam Hadis. Mereka merasa lebih siap dalam menghadapi evaluasi dan penilaian, karena Quizizz membantu mereka melatih pemahaman dan keterampilan mereka.

Secara keseluruhan, siswa-siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar merespon penggunaan Quizizz dengan positif. Mereka merasa terlibat, antusias, dan menikmati pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Quizizz telah membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis, serta membantu mereka mencapai pemahaman yang lebih baik terhadap ajaran agama. Tentunya saya merasa bangga dan berhasil mengubah paradigma penggunaan smartphone dikelas bisa membantu dalam pembelajaran jika digunakan dengan tepat berdasarkan integrasi media-media pembelajaran berbasis online yang mudah diakses baik peserta didik maupun pendidik. Sekian kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat….

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun